Kamis , 20 Juli 2017
Home / Profil Inspiratif / Seruni Promosikan Seni melalui Museum Affandi

Seruni Promosikan Seni melalui Museum Affandi

Edupost.ID – Museum DIY tengah mencari Duta Museum yang nantinya akan bertugas mempromosikan museum di Yogyakarta. Para peserta yang mendaftar diharuskan membuat proyek seni. Salah satu peserta, Seruni Bodjawati, berinisiatif mengerjakan proyek tersebut di Museum Affandi.

Materi proyek ini dikerjakan dengan unik, antara lain sosialisasi di Institut Seni Indonesia, presentasi lukisan Seruni yang berobjek kehidupan berkesenian Affandi, kunjungan dan acara sketsa bersama di Museum Affandi, pertunjukan wayang, serta pembuatan art film.

Art film berdurasi pendek karya Seruni tersebut diberi judul “Museum Affandi: Matahari yang Tak Pernah Padam”. Pada tanggal 7 Juli 2015, film yang menampilkan Museum Affandi secara artistik itu ditayangkan dan dipresentasikan di Galeri Ruang Tamu. Agar dapat diapresiasi masyarakat lebih luas, film tersebut diunggah di saluran YouTube milik Seruni.

“Gerakan mencintai museum sangat penting disebar-luaskan karena museum adalah bagian dari peradaban. Kelak saya juga ingin membuat museum pribadi bagi ratusan buku dan lukisan koleksi keluarga kami agar dapat dinikmati semakin banyak orang,” kata Seruni yang pada tahun ini terpilih sebagai Tokoh Perempuan Keren di salah satu stasiun TV swasta atas prestasi-prestasinya di bidang seni dan budaya.

Seruni berharap masyarakat luas akan semakin mencintai dan gemar berkunjung ke museum-museum di Indonesia, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat tidak boleh sekadar turut mengisi kehidupan kebudayaan. Tapi lebih penting lagi bisa turut serta menggerakan roda besar peradaban umat manusia. (Nurfi)

Check Also

Andi Kurniawan, service management region BNI Kantor Wilayah Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada para tenaga kependidikan di Fakultas Farmasi UGM.

Tingkatkan Layanan, Fakultas Farmasi UGM Gelar Pelatihan Tenaga Kependidikan

Yogyakarta – Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa, mitra, atau tamu, Fakultas Farmasi UGM bekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *