Selasa , 25 Juli 2017
Home / Profil Inspiratif / Susuri 5 Km dengan Kursi Roda, Edi Tetap Semangat ke Sekolah

Susuri 5 Km dengan Kursi Roda, Edi Tetap Semangat ke Sekolah

Edupost.ID, Bantul – Menyusuri jalan sejauh lebih dari 5 km menuju sekolahnya sudah dilakoni sejak lama oleh Edi Priyanto (16), pelajar penyandang tuna daksa di SMP N 2 Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi siswa kelas 7 SMP itu, jarak bukanlah kendala berarti meski ia harus berangkat menggunakan kursi roda. Semangat untuk belajar adalah satu satu alasan ia tetap kuat menjalani rutinitas yang ada.

Terlahir normal dari pasangan Sukasman dan Sumiyah 14 tahun lalu, cobaan yang dialami Edi berlangsung sejak umur 1,5 tahun. Kala itu di rumahnya tengah diadakan peringatan 40 hari meninggalnya sang ayah.

Menurut Sumiyah, anak semata wayangnya itu terjatuh saat bermain, hingga menyebabkan tangan dan kaki kanannya patah. Meski sempat dioperasi, namun remaja itu akhirnya mengalami cacat permanen karena menderita tulang rapuh.

Kondisi fisiknya itu tidak membuat Edi patah semangat. Ia bahkan rela berangkat dan pulang sekolah menggunakan kursi roda sejauh lebih dari 5 km. Sumiyah mengatakan, anaknya tidak pernah mengeluh lelah tiap harinya. Berangkat dari rumah pukul 05.00, sampai di sekolah sebelum pukul 07.00.

Edi sendiri sempat ditawari untuk pindah sekolah ke sekolah yang lebih dekat dengan rumahnya. Namun dia menolak karena sudah merasa nyaman di SMP N 2 Sewon.

“Pernah dari dinas menawarkan, tapi Edi nggak mau, sudah nyaman di sini katanya,” ujar Sumiyah, ibu kandung Edi.

Edi mengungkapkan salah satu alasannya tetap ingin sekolah di SMP N 2 Sewon, karena SMPN 2 Sewon adalah sekolah inklusi. Dia merasa lebih nyaman bergaul dengan teman-temannya tanpa membeda kondisi fisik.

Di SMP N 2 Sewon ini, Edi berteman dengan Slamet penyandang tunanetra yang juga memiliki semangat besar untuk sekolah. Dia dan Slamet kerap belajar bersama, bahkan Edi pun beberapa kali menemani Slamet tidur di ruang Pramuka sekolah. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *