Jumat , 24 Maret 2017
Home / Profil Inspiratif / Tumbuhkan Minat Baca Warga, Ridwan Sururi Gagas Kudapustaka

Tumbuhkan Minat Baca Warga, Ridwan Sururi Gagas Kudapustaka

Edupost.ID – Kudapustaka Gunung Slamet, demikian sebutan Ridwan Sururi untuk kuda yang telah berjasa banyak dalam membantu programnya menjalankan perpustakaan keliling. Ridwan menjadikan kuda sebagai media dalam mempromosikan buku-buku yang disewakan Ridwan secara gratis kepada masyarakat.

Ridwan Sururi, pria yang tinggal di Desa Serang Brobahan Kecamatan Karangreja, Kecamatan Purbalingga, Jawa Tengah ini berinisiatif keliling kampung demi menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak dan warga sekitar tempat tinggalnya.

Respon masyarakat terhadap program Kuda pustaka Ridwan ini cukup baik. Warga terlihat antusias meminjam dan membaca buku yang tersedia. Tidak hanya kalangan anak-anak ternyata orang tua nya pun juga bersemangat meminjam dan membaca buku kuda pustaka Ridwan.

“Para pekerja bangunan pun tidak mau kalah sama anak-anak mereka meluangkan waktunya tatkala kudapustaka singgah di tempatnya,” ucapnya.

Dalam menjalankan misinya ini, Ridwan menceritakan bahwa ia turut mendapat bantuan dari donatur. Bulan Maret lalu, ia menyebutkan ada donatur yang menyumbangkan buku bacaan dan majalah untuk perpustakaan keliling Ridwan.

“Hari ini kudapustaka mendapatkan kiriman buku dari bapak Aries Triwidodo Jakarta. Terimakasih Bapak Aries,” tulis Ridwan di akun twitternya.

Sumbangan lainnya bahkan juga datang dari Perpustakaan Universitas Soedirman. Ridwan menunjukkan sumbangan buku-buku dari Unsoed bulan April lalu, “buku-buku sumbangan dari perpus UNSOED untuk kudapustaka. Terimakasih kepada Bapak Dodi, Bapak Joko Prasetyo,”.

Semua tempat Ridwan singgahi untuk ‘menjajakan’ buku-buku bermutu kepada para warga sekitar. Ia rela ‘blusukan’ ke kampung-kampung,. Melewati rumah para warga dan mendatangi tempat berkumpulnya anak-anak seperti taman pendidikan Qur’an (TPQ).

Bahkan Ridwan juga singgah di sekolah-sekolah sekalipun sudah ada perpustakaan sekolah. Namun, para siswa di sekolah itu justru bersemangat meminjam buku yang dibawa kudapustaka Ridwan.
“Kenapa mereka lebih memilih kudapustaka daripada perpus sekolah?,” ucap Ridwan keheranan.

Dalam sehari, buku kudapustaka Ridwan bisa ‘laku’ sebanyak 25 buku. Namun, karena jumlah stok buku yang ia miliki terbatas, sehingga hanya sedikit buku yang bisa ia pinjamkan ke masyarakat.

“Kami ingin sekali memenuhi keinginan mereka, tapi keterbatasan kudapustaka kami tidak mampu membeli buku yang mereka mau,” ucapnya.

Ridwan sangat berharap, ia bisa mendapatkan tambahan buku sehingga semakin banyak buku yang bisa dipinjam masyarakat.

“Kudapustaka ingin memenuhi permintaan pemustaka (peminjam buku) tapi tidak mampu karena keterbatasan kami, semoga Tuhan selalu memberikan jalan dan kemudahan,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang ingin turut mendonasikan buku maupun bacaan bermutu bisa dialamatkan ke Ridwan Sururi, seperti yang ia tulis di akun twitternya. Ridwan Sururi, RT 02/03 Desa Serang Brobahan Kecamatan Karangreja, Kecamatan Purbalingga, Jawa Tengah 53357. (Ulfa)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *