Jumat , 24 Maret 2017
Home / Profil Inspiratif / Ular Tangga Mengantarkan Pak Guru Pur Menjadi Jawara (Bagian 1)

Ular Tangga Mengantarkan Pak Guru Pur Menjadi Jawara (Bagian 1)

Edupost.ID, Yogyakarta – Kesibukan mengajar bukan alasan untuk tak berkarya. Purnomo Basuki, S.Pd. atau yang vokal dipanggil Pak Pur, berhasil menjuarai beberapa perlombaan di sela waktu mengajarnya. Baru-baru ini beliau menjuarai 2 perlombaan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Guru yang telah meraih Satya Lencana Pengabdian Guru/PNS 10 tahun ini awalnya diundang dalam pelatihan karya ilmiah SMA/MA se-Kota Yogyakarta pada Agustus 2014. Dari situ diinformasikan adanya lomba Inovasi Pembelajaran dan Lomba Karya Ilmiah untuk guru SMA/MA se-Kota Yogyakarta. Guru Biologi MAN Yogyakarta 1 ini mendaftar di kedua lomba tersebut tanpa meninggalkan pekerjaan hariannya, yaitu mengajar.

Ternyata kedua naskah yang dikirim ke kedua perlombaan itu tembus. Betapa senang hati Pak Pur, karena masuk daftar finalis. Terdapat 10 orang finalis di Lomba Inovasi Pembelajaran dan 8 finalis di Lomba Karya Ilmiah. Tepat pada tanggal 19 November 2014 di SMA Muhammadiyah 1, Pak Pur mempresentasikan hasil inovasi pembelajarannya di hadapan para juri dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Selang 2 hari, Pak Pur presentasi untuk lomba Karya Ilmiah di Hotel Batik.

Meski sempat sedikit tegang di presentasi pertama, Pak Pur tetap melaju. Sepuluh menit beliau melakukan presentasi, disambung dengan tanya jawab 30 – 40 menit. Pada presentasi kedua, yaitu final lomba karya ilmiah, Pak Pur lebih rileks, karena sudah ada gambaran dari presentasi pertama.
Setelah presentasi yang cukup menegangkan itu, tibalah saat pengumuman. Pak Pur meraih juara 2 di lomba Inovasi dan juara 1 lomba media pembelajaran. Pak Pur mengangkat tema ‘ular tangga sebagai media pembelajaran keanekaragaman hayati’. Inovasi ini mengalahkan inovasi dari para pesaingnya yang berasal dari SMA/MA se-Jogja.

Penasaran seperti apa kisah Pak Pur dalam mempersiapkan perlombaan ini di tengah aktivitasnya sebagai guru? Apa lagi prestasi yang diraih Pak Pur? Tunggu tulisan berikutnya. (Fitri)

Check Also

seniman mengajar kemendikbud

Pendaftaran “Seniman Mengajar” di Daerah Terpencil Mulai Dibuka

Edupost.id – Pendaftaran kegiatan “Seniman Mengajar” yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *