Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Psikologi / 10 Tips Sukses di Kampus untuk Mahasiswa Baru

10 Tips Sukses di Kampus untuk Mahasiswa Baru

Edupost.ID – Selamat buat kamu yang baru saja memasuki dunia kampus. Nah sekarang bagaimana kamu mempersiapkan kehidupan kampusmu? Kamu sudah melakukan banyak persiapan bukan? 10 tips ini mungkin bisa membantumu lebih siap dalam menjalani kehidupan kampus, terutama bagi para mahasiswa baru, dikutip dari quintcareers.

  1. Kenali teman kosmu dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Mengapa? Karena mereka tidak hanya akan berada di dekatmu dalam waktu setahun saja tetapi sampai kamu lulus. Mungkin mereka akan membantumu bila suatu saat kamu berada dalam kesulitan.
  2. Buatlah manajemen waktu. Saat disekolah dulu, mungkin guru kamu sering mengingatkan setiap tugas-tugasmu tetapi di perguruan tinggi kamu harus bisa mengatur waktumu sendiri. Kamu harus mencatat setiap tugas-tugas yang kamu dapatkan dari dosen, kapan harus dikumpulkan. Kalau perlu kamu membeli papan pengingat atau buku agenda yang dapat membantumu mengingat jadwal penting selama perkuliahan.
  3. Temukan tempat yang ideal buat kamu belajar. Seperti di perpustakaan, atau kamar kamu sendiri. Tentunya tempat itu harus jauh dari gangguan yang bisa membuatmu tidak konsentrasi belajar.
  4. Hadiri kelas. Dengan menghadiri kelas kita dapat mendapatkan informasi penting misalnya saja materi yang akan diujiankan. Jangan sampai tergoda untuk membolos.
  5. Kenali Penasehat Akademik kamu. Beliau akan membantu kamu dalam menangani konflik yang mungkin akan terjadi, atau memberikan saran seputar pendidikan saat berada di perkuliahan, menentukan penjadwalan kelas, atau menentukan mata pelajaran yang mungkin akan kamu ambil nanti. Dan jangan takut untuk meminta nasihat lain bila kamu memiliki permasalahan dalam akademik.
  6. Aktif di kampus. Kamu bisa mengikuti organisasi yang ada di kampusmu. Buat kamu yang selalu rindu kampung halaman, pikiran kamu akan teralihkan dengan sibuk di organisasi. Selain itu, dengan berorganisasi kamu akan mendapatkan banyak teman baru dan menambah keterampilan. Biasanya banyak bidang yang bisa kamu pilih dari olahraga, kemahasiswaan, atau kewirausahaan.
  7. Upayakan untuk mendapatkan nilai bagus. Tetapkanlah beberapa tujuan untuk diri sendiri yang ingin dicapai dan pastikan bahwa kamu akan bekerja keras untuk mencapainya atau agar kamu bisa mencapai seperti seseorang yang kamu anggap menjadi patokanmu dalam belajar.
  8. Buat waktu khusus untukmu. Kamu juga membutuhkan waktu untuk beristirahat dari hari-hari yang bisa membuatmu stres karena waktu dan aktifitas yang sangat padat. Misalnya saja dengan menonton film favoritmu.
  9. Tetap sehat dan makan makanan yang bergizi. Jangan tidur terlalu larut, tidurlah dengan waktu yang cukup, minum vitamin dan makanlah makanan yang bergizi.
  10. Bersiaplah untuk hari-hari berat. Bagaimanapun dunia perkuliahan akan berbeda dengan ketika kamu sekolah dulu. Kamu harus siap ketika harus menghadapi tekanan, misalnya dari tugas-tugas yang harus kamu selesaikan atau hal lain, karena bisa saja akan ada banyak hal yang akan terjadi.  Tenang saja kamu bukanlah satu-satunya orang yang mengalami hal ini. Tetaplah bekerja keras dan memanajemen waktu dengan baik. (Iyes)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *