Jumat , 26 Mei 2017
Home / Psikologi / 7 Langkah Efektif Capai Prestasi di Akademik

7 Langkah Efektif Capai Prestasi di Akademik

Edupost.id – Apakah kamu ingin menjadi pelajar yang berprestasi? sukses di akademik? Berikut ini tujuh langkah efektif untuk mencapai prestasi di akademik, menurut Wikihow.

  1. Persiapkan otak dan tubuhmu untuk belajar

Kamu akan belajar dengan baik di sekolah jika tubuhmu siap untuk belajar. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Sebagai contoh memiliki jam tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan minum banyak air. Otak kamu membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Bahkan, seluruh tubuh kamu membutuhkan air untuk bekerja dengan baik.

  1. Mencari gaya belajarmu

Jika kamu mudah dalam mengingat grafik atau gambar ini menunjukkan kamu mungkin seorang pembelajar visual. Karena itu, kamu harus menggunakan lebih banyak gambar untuk belajar. Atau mungkin kamu mudah menangkap pelajaran jika sambil mendengarkan musik atau kamu sulit mengingat apa yang guru tulis di papan tulis, tetapi kamu lebih mudah mengingat apa yang dia katakan. Ini berarti kamu pembelajar auditori. Mungkin selama pelajaran kamu berusaha ingin memperhatikan tetapi kamu benar-benar perlu untuk bergerak atau beraktivitas terus, berarti kamu adalah seorang pembelajar kinestetik.

  1. Memperhatikan

Jika kamu memiliki masalah untuk bisa fokus ketika guru kamu sedang menerangkan, cobalah duduk di barisan paling depan kemudian catatlah. Tulislah hal-hal yang paling penting dan membutuhkan waktu lama untuk menghapalnya.

  1. Pelajari kembali

Carilah waktu tambahan untuk belajar dan pelajarilah materi sebelumnya. Kamu bisa melakukannya dengan belajar secara online. Salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan nilai tinggi pada tes adalah dengan mulai belajar dan mempersiapkan diri sedini mungkin. Bila ada yang tidak kamu mengerti, kamu dapat menanyakannya.

  1. Meminta bantuan

Kamu mungkin ragu untuk meminta bantuan guru atas pelajaran yang sulit kamu pahami, karena kuatir akan membuat mereka marah. Ketika kamu mengajukan pertanyaan, guru jadi tahu bahwa kamu telah bekerja keras untuk memahaminya. Mintalah bantuan ke gurumu agar kamu bisa semakin emmahami pelajaran yang ada.

  1. Membuat orang merasa baik

Menjadi murid yang baik adalah lebih dari hanya mendapatkan nilai yang baik. Jadilah Bermanfaat untuk semua orang. Jadilah orang yang baik dengan membantu orang ketika kamu bisa menolong mereka. Kamu juga dapat melakukan hal-hal kecil yang baik, seperti membukakan pintu untuk mereka atau membantu mereka saat membawa sesuatu yang berat. Jika seseorang tidak masuk selama beberapa hari, kamu bisa menawarkan bantuan dengan berbagi catatan.

  1. Tetap tenang

Ketika kamu berada di kelas, tetaplah berusaha tenang walau kamu sedang menghadapi kesulitan. Kamu harus mencoba untuk tidak stres ketika tugas sekolah terasa sulit. Tak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan nilai sempurna. Fokuslah pada materi pembelajaran dan jangan terlalu khawatir dengan angka yang gurumu berikan. (Iyas)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *