Sabtu , 25 Maret 2017
Home / Psikologi / Delapan Cara agar Kepercayaan Dirimu Meningkat
Enam Faktor Pemacu-Diri-Gapai-Impian
Ilustrasi: Menggapai Impian. (Foto: karrierkozpont)

Delapan Cara agar Kepercayaan Dirimu Meningkat

Edupost.ID – Tidak semua orang terlahir dan tumbuh dengan kepercayaan diri yang tinggi. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi seseorang sehingga kepercayaan dirinya menurun. Berikut ini delapan cara agar kepercayaan diri kita meningkat, dikutip dari wikihow:

  1. Berani menyapa lebih dulu

Jangan takut atau malu untuk berbicara dengan orang yang baru anda kenal, misalnya dengan seseorang yang sedang menunggu antrian obat di apotek. Sapalah dan mengobrol tentang sesuatu yang ringan dna menyenangkan.

  1. Perluas pergaulanmu, tambah teman baru

Dengan menambah teman-teman baru, kepercayaan diri Anda bisa meroket. Anda jadi terlatih dan terbiasa berinteraksi dengan berbagai macam karakter teman.

  1. Jadilah diri sendiri

Menjadi berbeda adalah keputusan yang tepat selama itu dalam koridor positif. Walaupun banyak temanmu yang memilih melakukan sesuatu hal namun kamu tidak menyukainya, maka tetaplah jadi dirimu sendiri. Tidak perlu ikut-ikutan teman-temanmu, menjadi berbeda bukan hal yang aneh.

  1. Memaafkan kesalahan sendiri

Semua orang membuat kesalahan jadi jangan khawatir! Belajar dari kesalahan dan terus lanjutkan karyamu. Tidak ada alasan untuk memikirkan hal-hal tentang masa lalu yang Anda tidak dapat mengubahnya.

  1. Berdiri sendiri

Jangan tergantung pada orang lain. Lakukan sesuatu atas kemauan dan kemampuanmu sendiri. Bantuan orang lain hanyalah sebagai bonus tapi bukan sebagai ketergantunagn.

  1. Berani berkata tidak

Katakan tidak untuk segala hal yang merugikan dirimu dan orang lain. Sekalipun, teman-temanmu membujukmu melakukannya, namun tetaplah yakin untuk menjauhi hal negatif itu.

  1. Tulis daftar kelebihan atau keberhasilanmu

Setiap kali Anda merasa pesimis atau ragu dengan kemampuan diri anda, maka lihatlah daftar keberhasilan yang kau miliki. Hal ini akan menghibur bahkan membangkitkan kembali kepercayaan dirimu.

  1. Jaga penampilan anda

Penampilan yang tidak rapi atau kotor akan membuat orang lain tidka nyaman berinteraksi dengan kita. Akibatnya kita menjadi tidak percaya diri karena penampilan kita yang kurang baik. (IK/SS)

 

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *