Sabtu , 25 Februari 2017
Home / Psikologi / Delapan Cara Mudah Hadapi Seleksi PTN 2017
Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya
Peserta SBMPTN

Delapan Cara Mudah Hadapi Seleksi PTN 2017

Edupost.ID- SNMPTN atau SBMPTN adalah salah satu tes masuk perguruan tinggi dengan jalur tertulis. Setiap tahun, siswa tingkat akhir sekolah mengengah atas diwajibkan mengikuti seleksi untuk dapat bangku di perguruan tinggi idaman.

SNMPTN selalu menjadi pokok bahasan yang menakutkan bagi semua calon mahasiswa di Indonesia. Hal ini menjadi sangat menakutkan karena adanya rasa takut gagal, salah satunya karena tes ini berskala nasional sehingga begitu ketat dengan persaingan.

Menurut data kelulusan SNMPTN tahun lalu, Siswa lulus SNMPTN 2016 sebanyak 115.178 orang. Jumlah tersebut hanya 17,85 persen dari 645.202 siswa yang mendaftarkan diri melalui SNMPTN 2016, angka tersebut memang sangat mengerikan terutama bagi calon mahasiswa.

Setinggi apapun nilai, tidak menjadi jaminan kelulusan. Berikut delapan cara menyiapkan diri menghadapi seleksi pergutuan tinggi negeri:

  1. Ikuti program bimbingan belajar

Carilah bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas super insentif SNMPTN, agar lebih tersusun dengan baik dan efektif.

  1. Sering latihan soal SNMPTN

Daripada terbengkalai, mulailah untuk menggunakan waktu luang dengan menghabiskan soal-soal SNMPTN yang ada dalam buku panutan belajar lulus SNMPTN.

  1. Mencari motivasi belajar

Jangan ragu untuk berbagi dengan senior atau teman yang sudah berpengalaman. Dengan motivasi atau cerita singkat seleksi mereka, dapat membuat perjuangan semakin tinggi.

  1. Siapkan Mental

Menyiapkan mental terutama ketika hari ujian tiba. Banyak sekali yang gagal dalam SNMPTN karena tidak kuat mental dalam menghadapi soal ujian. Saat tes, itu sangat rentan membuyarkan konsentrasi.

  1. Berbagi ilmu

Jangan pernah bersifat pelit, karena mengajarkan ilmu yang dikuasa ole dirisendiri dapat membantu daya ingat dan menambah wawasan.

  1. Berdoa

Sebelum berperang dengan soal SNMPTN, baiknya berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT. Pasrah dengan keadaan yang berikutnya terjadi.

  1. Jangan batasi soal

Jangan biasakan membatasi beberapa soal ujian. Hal tersebut justru menyebabkan nilai berkurang.

  1. Cari waktu dan tempat efektif untuk belajar

Mencari tempat yang cocok dan nyaman, akan berpengaruh dengan daya berpikir dan fokus seseorang. (Inan)

Check Also

Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya

Ini Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI Tahun 2017

Edupost.ID -Penerimaan mahasiswa baru sudah hampir bergulir. Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu perguruan tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *