Senin , 29 Mei 2017
Home / Psikologi / Delapan Kiat agar Betah Tinggal di Asrama Mahasiswa

Delapan Kiat agar Betah Tinggal di Asrama Mahasiswa

Edupost.ID, – Menjadi mahasiswa di tahun pertama memang cukup sulit diantaranya karena harus tinggal di asrama. Asrama memang tidak seperti rumah sendiri. Namun, ada beberapa cara agar anda bisa membuat asrama menjadi ‘ rumahku istanaku’. Seperti yang dilansir dari Teen Vogue, ada delapan kiat agar betah dan nyaman tinggal di asrama mahasiswa.

1.    Kenali siklus mencuci

Meskipun Anda mungkin telah menggunakan mesin cuci sekali atau dua kali, kali ini anda perlu mulai memperhatikan cara terbaik dalam mencuci pakaian. Pertama, berhenti menjejalkan pakaian ke dalam keranjang sampai menjulang ke atas. Kedua, perhatikan petunjuk pembersihan sebelum anda membeli pakaian baru. Jika menurut anda mencuci dengan tangan itu mudah, maka cucilah dengan tangan. Jika tidak, anda harus memisahkan pakaian tersebut dengan pakaian lainnya agar tidak luntur.

2.    Jaga diri anda dari penyakit kulit

Jika anda tinggal di asrama dengan kamar mandi kelompok, ada tiga barang yang jangan pernah dilupakan ketika hendak mandi. Seperti handuk, puff mandi (jika menggunakan sabun cair) atau sabun batang dan sepasang sandal mandi. Memakai sandal saat mandi akan membuat anda terhindar dari penyakit kulit.

3.    Punya microwave

Jika anda merasa lapar saat tengah malam, sudah pasti kantin di kampus sudah tutup. Tapi, jangan pernah berpikir untuk membeli makanan ringan di mini market. Mengkonsumsi makanan ringan saat tengah malam tidak baik untuk tubuh anda. Terutama bagi anda yang sedang melakukan program diet. Hal tersebut akan membuat lemak menumpuk. Solusinya adalah dengan membawa microwave yang ada di rumah ke asrama. Saat tengah malam, anda bisa memasak sup atau roti panggang.

4.    Jaga pakaian anda tetap rapi

Sebagian orang sering menaruh pakaian kotor ke dalam koper. Simpanlah pakaian anda dengan rapi dan terorganisir baik pakaian bersih maupun pakaian kotor. Jika anda kesulitan dalam mengaturnya, tontonlah video di youtube tentang cara merapikan pakaian.

5.    Selalu sedia tisu

Menjaga kebersihan itu penting karena akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selalu menyediakan tisu untuk makan dan ke toilet adalah hal yang penting. Jangan lupa untuk selalu membawa tisu toilet anda jika sudah selesai menggunakan kamar mandi.

6.    Atur kamar dengan sebaik mungkin

Aturlah kamar anda atau sisi lain dari ruang yang anda miliki di kamar asrama agar rapi. Jangan biarkan barang berserakan dimana-mana. Ajaklah teman sekamar anda untuk ikut menjaga kerapian dan kebersihan kamar agar kalian merasa nyaman tinggal di asrama.

7.    Memiliki tanggungjawab

Segera setelah anda membongkar tas dan menyapa teman sekamar baru anda, berikan ide untuk membuat jadwal piket kamar atau tugas lainnya. Hal tersebut akan membantu kalian menjadi akrab dan menjadi lebih bertanggungjawab.

8.    Bawa tanaman ke kamar

Membawa hewan peliharaan mungkin dilarang, namun tidak ada yang melarang jika membawa tanaman. Membawa tanaman ke dalam kamar membuat kamar anad menjadi lebih segar dan indah. Selain itu, tanaman tertentu juga mampu mengusir nyamuk dan menghilangkan stres serta mengembalikan kondisi menjadi lebih baik.  (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *