Senin , 24 April 2017
Home / Psikologi / Delapan Kiat Mendaki Gunung Ala Maba
Delapan Kiat Mendaki Gunung Ala Maba
Delapan Kiat Mendaki Gunung Ala Maba (foto: blogspot.com)

Delapan Kiat Mendaki Gunung Ala Maba

Edupost.Id- Kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam, melainkan kegiatan favorit dilakukan umumnya oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi tak sedikit juga yang belum begitu akrap dengan kegiatan yang satu ini.

Meski kegiatan tersebut telah banyak menjadi sorotan menyeramkan, namun masih banyak orang yang menyukai dan ingin mencoba pengalaman baru yang penuh tantangan. Meski mendaki gunung agas sampai puncak itu bukan perkara mudah, dibutuhkan berbagai persiapan untuk menghindari bahaya. Dilansir dari wikihow.com, kiat menghindari bahaya saat mendaki gunung.

  1. Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam proses pendakian gunung, apabila naik gunung dalam keadaan tidak fit alahasil tidak sampai. Tidak Cuma itu saja, dalam masa pejalanan badan juga membutuhkan vitamin dan asupan makanan.

  1. Melakukan perenggangan

Kegiatan melatih otot kaki dan bahu yang berguna untuk keseimbangan. Pendaki juga bisa melakuaknnya dengan lari kecil di pagi atau sore hari, usahakan rutin. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi saat berada di jalur pendakian sehingga dapat menghindari ketegangan otot kaki maupun bahu.

  1. Berlatih berjalan mendaki

Ketika mendaki gunung tidak asal- asalan berjalan, namun pastikan kita mengetahui caranya berjalan mendaki agar tidak mengalami kesulitan dan bahaya diperjalanan. Biasany kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap focus pada pijakan. Apabila kaki terasa kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

  1. Jangan takut bertanya

Hal ini sering terjadi oleh para mahasiswa yang tidak ingin dilihat payah dan berlebihan. Sebagai pendaki yang masih terbilang pemula, tidak ada salahnya bertanya dan meminta berhenti sejenak jika lelah. Daripada memaksakan kehendak mendaki dan malah berakhir kecewa dan kelelahan.

  1. Sediakan Konsumsi

Konsumsi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses mendaki gunung. Persediaan makanan yang harus dibawa sekiranya yaitu, air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti, Nasi + lauk kalo perlu, Mie instant, coklat untuk menambah tenaga saat mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan.

  1. Jangan membuang sampah di gunung

Tentu kita tidak inign kan indahnya lembah gunung yang di berikan tuhan kepada kita di kotori dengan sampah, maka jangan membuang sampah digunung. Alangkah baiknya jika sampah yang kita hasilkan di bawa turun.

  1. Ikuti instruksi dan larangan petugas gunung

Sebelum mendaki tentunya harus mendaftar ke petugas gunung setempat, proses pendaftaran tersebut pastinya petugas gunung akan memberikan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Maka patuhilah instruksi dan larangan yang mereka sampikan.

  1. Jangan mengeluh saat pendakian

Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh. Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh secara berlebihan, alangkah baiknya jika memberi semangat diri sendiri dan pendaki lain atau istirahat sejenak jika dibutuhkan. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *