Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Psikologi / Dukungan Suami Cegah Depresi usai Melahirkan
Dukungan Suami Cegah Depresi usai Melahirkan
Dukungan Suami Cegah Depresi usai Melahirkan (dreamstime doc.)

Dukungan Suami Cegah Depresi usai Melahirkan

Edupost.id – Depresi juga dapat melanda ibu usai melahirkan (postpartum). Depresi ini merupakan gangguan psikologis yang umumnya terjadi pada minggu 2–3 postpartum, dan dapat berlanjut sampai 1–2 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial suami terbukti mampu mencegah depresi tersebut.

Penyebab depresi postpartum belum diketahui secara pasti, namun beberapa teori melaporkan bahwa depresi postpartum disebabkan oleh faktor biologis, psikososial  dan demografi. Penanganan depresi tidak selalu memerlukan pengobatan secara medis dan dapat dilakukan upaya pencegahan.

Pencegahan depresi postpartum meliputi pencegahan biologis dan pencegahan psikososial. Konsumsi nutrisi dengan kandungan mikronutrien spesifik, peran dan keterlibatan suami secara langsung dalam proses edukasi serta pemberian edukasi khusus tentang dukungan sosial suami merupakan beberapa upaya pencegahan depresi pada ibu postpartum.

Ratu Kusuma, doktor ke-55 dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) dalam disertasinya yang berjudul “Efektifitas Model Pencegahan Depresi Postpartum”, meneliti model yang efektif dalam mencegah depresi postpartum.

Dari hasil penelitiannya, diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap penurunan skor dan penurunan frekuensi kejadian depresi postpartum adalah dukungan sosial suami. Model tersebut terdiri dari beberapa perangkat model yaitu buku model, buku modul, booklet atau buku paket edukasi, serta buku kerja ibu hamil dan suami.

Ratu berharap, agar pihak yang terkait dapat menggunakan Model Pencegahan Depresi Postpartum-Ratu sebagai salah satu bentuk  pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan jiwa ibu hamil, serta kesehatan masyarakat Indonesia secara umum.  (UI/ IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *