Rabu , 26 April 2017
Home / Psikologi / Empat Cara Agar Tetap Berpikir Positif dan Optimis

Empat Cara Agar Tetap Berpikir Positif dan Optimis

Edupost.id – Kita akan sangat mudah terjebak dalam padatnya aktifitas sehari-hari yang seringkali membuat kita tidak dapat berfikir positif. Padahal pikiran positif memiliki dampak pada keadaan psikologis dan kesehatan seseorang. Berikut adalah 5 cara untuk membentuk pikiran positif dan optimis menurut lifehack.

1.Menentukan makna kesuksesan

Kebanyakan dari mereka yang bekerja nyaris tidak punya waktu untuk menikmati hasil kerjanya. Dan ketika mereka memiliki waktu, mereka begitu lelah dan lebih senang untuk tertidur di depan TV daripada menghabiskan waktu bersama keluarga mereka. Cobalah untuk mencari tahu apa yang membuat kamu merasa bahagia. Jalani hidupmu sesuai dengan tujuan yang telah kamu tetapkan karena akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi padamu. Jangan mau terombang-ambing oleh pendapat orang lain. Putuskan apa yang ingin kamu lakukan. Tetapkan standar hidupmu sendiri.

  1. Bersyukur

Bersyukurlah pada setiap hal yang telah kamu capai dalam hidupmu, tidak peduli seberapa kecil itu. Ini akan membantu kamu untuk tetap berfikir positif ketika menghadapi hal-hal yang mulai tak sejalan dengan keinginanmu. Dan ketika kamu melakukan hal-hal yang tidak semestinya kamu lakukan, jangan berpikir duniamu akan runtuh seketika. Lihatlah pada apa yang dapat kamu pelajari dari situasi tersebut. Belajar dari kesalahan dan kegagalan, sehingga kamu akan tau bagaimana cara untuk melaluinya. Tanpa disadari kamu akan menjadi seseorang yang jauh lebih kuat, dan akan dapat menghadapi rintangan berikutnya.

  1. Menerima keadaan

Ada hal yang dapat kamu ubah dan pasti ada hal yang bisa kamu perbaiki dan lakukan untuk itu. Tapi perlu diingat ada juga hal-hal yang tidak dapat kamu ubah dan kamu harus menerimanya. Yang kamu perlu lakukan adalah berusaha secara maksimal pada wilayah yang dapat kamu usahakan.

  1. Mencintai diri sendiri

Jika kamu tidak mencintai diri sendiri, lalu siapa yang akan mencintaimu? Kamu tidak perlu membandingkan hidupmu dengan orang lain. Kamu tidak tahu apa yang telah mereka lalui dalam hidup mereka bukan? dan mereka tidak tahu apa yang telah kamu lalui. Dan jangan khawatir jika orang lain memiliki sesuatu yang negatif tentang dirimu. Jalanilah hidupmu, dan cintailah dirimu setiap menitnya.  Jangan berfokus pada apa yang tidak kamu miliki. Cobalah untuk mengingat hal-hal baik yang ada pada dirimu, ingatlah semua hal baik yang pernah terjadi.  (IK-SS)

Check Also

SNMPTN 2017

Tiga Faktor Penentu Kelulusan SNMPTN

Edupost.id – Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menggunakan tiga faktor penting dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *