Jumat , 15 Desember 2017
Home / Psikologi / Empat Cara Jitu Menggali Bakat Terpendam

Empat Cara Jitu Menggali Bakat Terpendam

Edupost.id – Apakah kamu sudah menemukan bakatmu? Kalau belum, carilah bakatmu! Berhentilah menunggu bakat itu datang dengan sendirinya. Berikut ini empat cara jitu menggali bakat terpendam yang kamu miliki, seperti dikutip dari Wikihow.

  1. Berlatihlah

Bagaimana seseorang bisa tau ia berbakat bermain gitar kalau ia tidak pernah bermain gitar? Jika kamu tidak pernah mencoba, kamu tidak akan pernah tau. Kamu tidak akan menemukannya tanpa usaha terlebih dahulu. Kamu bisa memulai dengan mencoba sesuatu yang baru setiap minggunya. Kamu mungkin tidak akan bisa langsung menemukan bakatmu dalam sekali petik, tetapi kamu bisa merasakan perasaan ingin mencobanya kembali.  Selain itu kamu bisa pergi keluar rumah, mencoba olahraga yang berbeda, melakukan hobi di luar ruangan. Atau kamu bisa mencoba dari hal-hal yang kamu sukai.

  1. Pelajari hal baru

Belajar tentang keterampilan yang berbeda yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya juga bisa membantu menemukan bakatmu. Seperti menulis, membuat lagu dan sebagainya. Lalu ikuti mana yang paling kamu minati. Salah satu cara terbaik untuk menemukan bakat tersembunyi kamu adalah tanyakan apa hal terbaik yang kamu miliki pada teman atau orang tuamu.

  1. Asah bakatmu

Kalau kamu sudah menemukan bakat kamu jangan lupa untuk berkomitmen untuk membangun bakat menjadi keterampilan. Misalnya ketika seseorang memiliki bakat alami untuk bermain sepak bola, bakatnya itu tidak akan berarti apa-apa jika seseorang tersebut tidak berkomitmen untuk membangunnya menjadi sebuah keterampilan. Anggaplah bakat tersebut sebagai benih yang harus kamu tanam, agar ia tumbuh berkembang.

  1. Cari Pelatih atau mentor

Jika kamu memiliki beberapa bakat yang ingin kamu kembangkan carilah seseorang yang bersedia untuk membantu mengembangkan keterampilan kamu, dan pelajari semua yang kamu dapat dari orang-orang yang kamu anggap berbakat. Memang untuk mengembangkan bakat menjadi sebuah keterampilan memang akan sulit, tetapi berkomitmenlah untuk terus belajar hingga menjadi sesuatu yang istimewa.

Bahkan jika kamu tidak punya bakat sebelumnya misalnya dalam hal bermain gitar, olahraga, atau dalam bidang seni, berlatih dua jam sehari menjamin bahwa kamu akan jauh lebih baik dari seseorang yang mempunyai bakat tapi tidak pernah mencobanya, tidak pernah menggunakan kuas mereka. Dengan kamu bekerja keras akan meningkatkan kemampuan kamu setiap waktunya.(Iyes)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *