Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Psikologi / Empat Pilihan Tempat Tinggal Selain Kos bagi Maba
Empat-Pilihan-Tempat-Tinggal-Selain-Kos-bagi-Maba
Ilustrasi: Tinggal di Rumah Saudara

Empat Pilihan Tempat Tinggal Selain Kos bagi Maba

Edupost.id – Tinggal di tempat kos merupakan pilihan utama bagi mahasiswa baru (maba) yang jauh dari rumah. Namun terdapat empat pilihan tempat tinggal selain kos bagi maba. Beberapa dari empat pilihan ini juga ternyata tidak memerlukan biaya sewa.

Berikut empat pilihan tempat tinggal selain kos bagi maba:

1. Rumah Saudara

Mungkin ini adalah pilihan yang paling tepat bagi sebagian mahasiswa. Jika punya saudara yang tinggal di dekat lokasi kampus, manfaatkan saja untuk ditumpangi. Tidak ada biaya sewa, bahkan makan terjamin. Hanya saja memang tidak akan sebebas ngekos atau tinggal di rumah kontrakan. Tapi ada baiknya juga, agar tidak terlalu terpengaruh dengan pergaulan bebas. Selain itu, anda nggak bakal kekurangan kasih sayang karena ada saudara.

2. Asrama Kampus

Sebagian kampus menyediakan asrama bagi para mahasiswanya. Seperti dilansir Inovasee, anda bisa mencoba tinggal di tempat tersebut. Karena itu adalah fasilitas pendukung di kampus, sudah pasti akan memberi banyak keuntungan daripada ngekos. Apalagi jika anda bisa tinggal di asrama secara gratis karena mendapat beasiswa. Asrama biasanya terletak satu lokasi dengan kampus, jadi anda tidak perlu jauh-jauh berangkat kuliah. Selain itu, anda juga punya banyak teman satu kampus yang dapat diajak bermain.

Tidak berhenti di situ saja, kamu juga nggak perlu repot mencari makanan karena dekat dengan kantin. Mahasiswa yang tinggal di asrama juga sangat terbantu ketika mengalami masalah belajar karena dekat dengan kampus. Ada dosen di mana-mana, hingga fasilitas seperti internet dan wifi. Perabotan untuk kamar juga telah disediakan, sehingga kamu nggak perlu repot membawa sendiri.

3. Rumah Kontrakan

Mahalnya tarif sewa seringkali menjadi sandungan bagi mahasiswa yang ingin ngekos. Belum lagi menghadapi ibu kos yang cerewet. Pakai air terlalu banyak diomelin, lampu nggak dimatiin dia ngambek. Untuk menghindari hal semacam ini anda dapat mencoba alternatif lain sebagai tempat tinggal yaitu rumah kontrakan.

Anda dapat mengajak teman-teman untuk iuran menyewa rumah kontrakan. Dengan iuran, anda dapat lebih hemat dan jatuhnya akan lebih murah dari biaya yang anda keluarkan jika ngekos. Ibu kos sudah pasti tidak ada, namun bukan berarti anda bisa hidup sebebas-bebasnya, karena anda tetap harus menjaga dan merawat rumah kontrakan yang anda tinggali.

4. Pondok Pesantren

Kuliah sambil nyantri di pondok pesantren memiliki banyak manfaat terutama untuk menghindari pengaruh pergaulan bebas yang semakin mengkhawatirkan saja. Para orangtua yang yang takut membebaskan anaknya ngekos, bisa memilih pondok pesantren sebagai solusinya. Ada banyak keuntungan yang didapat oleh para mahasiswa yang juga berstatus sebagai santri. Soal pelajaran agama sudah pasti akan didapatkan.

Tapi bukan hanya itu saja manfaatnya. Soal biaya, kebanyakan pondok pesantren tidak dipatok dengan harga yang mahal. Pendidikan di pondok pesantren juga bisa mendukung perkuliahan, terutama untuk mahasiswa yang masuk di Universitas Islam. Karena ketatnya aturan di pondok pesantren, kamu juga akan belajar untuk disiplin soal waktu dan tanggungjawab. (Nisa)

Check Also

Enam Faktor Pemacu-Diri-Gapai-Impian

Tujuh Kiat Hilangkan Pikiran Negatif saat Bekerja

Edupost.id- Terkadang pikiran tenggelam dan terjebak dengan situasi negatif atau buruk. Berpikir negatif dapat menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *