Minggu , 28 Mei 2017
Home / Psikologi / Empat Rahasia Mendapat Kepercayaan Orang

Empat Rahasia Mendapat Kepercayaan Orang

Edupost.id – Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan seseorang. Beberapa hal harus diperhatikan agar mudah berkenalan dengan orang asing. Seperti yang dilansir oleh Reader’s Digest, ada empat rahasia mendapatkan kepercayaan seseorang.

  1. Memiliki teman yang sama

Berkenalan dengan orang asing yang ternyata memiliki teman yang sama akan lebih mudah. Suasana akan lebih mudah mencair sehingga komunikasi akan berjalan lancar. Mahasiswa Universitas British Columbia merancang suatu program yang secara acak berjudul “friended” di Facebook. Hasilnya peningkatan jumlah pertemanan setiap anggota bertambah 80 persen  karena mereka memiliki teman yang sama. Berbeda dengan mereka yang tidak memiliki teman yang sama hanya sekitar 20 persen.

  1. Tunjukkan empati ketika meminta maaf

Peneliti di Harvard melakukan sebuah studi dengan seorang pemuda yang mendekati 65 orang asing di stasiun besar ketika hujan. Pemuda itu diarahkan untuk meminjam telepon dengan menggunakkan kalimat maaf yang sungguh-sungguh. Hasilnya adalah 47 persen dari mereka mendengarkan permintaan maaf dan sembilan persen lainnya mengacuhkan permintaan maaf tersebut. Para peneliti mengatakan menawarkan permintaan maaf dengan sungguh-sungguh menggambarkan empati dan kepedulian, serta meningkatkan kepercayaan.

  1. Tubuh adalah cermin

Ketika sedang berkomunikasi dengan seseorang, terlebih dengan orang asing, sebaiknya perhatian bahasa tubuhnya. Sebuah studi di jurnal akademi Manajemen Prosiding menemukan siswa yang bernegosiasi dengan siswa lain dengan arahan harus memperhatikan bahasa tubuh lawan bicaranya mencapai keberhasilan negosiasi 67 persen. Sedangkan siswa yang tidak diarahkan untuk memeperhatikan bahasa tubuh lawan mereka hanya mencapai keberhasilan negosiasi 12,5 persen. Metode ini sangat efektif ketika sedang menghadapi perselisihan.

  1. Gunakan aroma terapi bunga lavender di rumah

Menggunakan aroma terapi dari bunga lavender akan meningkatkan rasa percaya diri. Sebuah penelitian di Belanda menguji 90 orang yang dipisahkan dalam tiga kelompok berdasarkan jenis aroma terapi untuk bermain ‘jujur’ menyimpan uangnya di rekening orang lain. Kelompok yang mencium aroma terapi bunga lavender lebih mudah mempercayakan uangnya kepada orang lain. Hal ini karena saraf penciuman terhubung ke bagian otak untuk mengontrol seseorang percaya dengan orang lain. Selain itu, bunga lavender memiliki efek menenangkan. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *