Minggu , 22 Januari 2017
Home / Psikologi / Enam Faktor Penyebab Guru Kurang Kondusif Mengajar

Enam Faktor Penyebab Guru Kurang Kondusif Mengajar

Edupost.id – Peran guru sangatlah besar, apapun yang guru lakukan akan berdampak pada murid. Namun sangat disayangkan kondisi guru yang kurang kondusif untuk bisa memberikan yang terbaik untuk anak didiknya.

Riset dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kesibukan dan faktor yang mempengaruhi kegiatan mengajar para guru. Dilansir dari Genius Learning oleh Gunawan, tentang faktor penyebab stress para guru.

  1. Gaji atau upah

Dengan upah yang sangat tidak memadai, dibandingkan dengan kebutuhan hidup yang terus meningkat. Dapat menimbulkan guru menjadi malas bekerja dan menelantarkan siswa.

  1. Waktu mengajar kurang

Kurikulum yang sangat berat, dapat memicu guru untuk tidak henti-hentinya mengajar. Sementara waktu mengajar yang kurang, membuat guru bosan mengulang materi pembelajaran.

  1. Tidak ada Motivasi

Setiap orang membutuhkan dukungan dari orang lain, sama halnya seperti siswa. Guru juga perlu diberikan dukungan berupa semangat belajar dari para siswa.

  1. Tidak ada pelatihan dan dituntut Profesional

“Guru Bukanlah sebuah robot”, kalimat yang sering didengar saat para pengajar berorasi meminta pelatihan. Pelatihan yang memadai, dapat membantu mengurangi beban sebagai pengajar.

  1. Lingkungan kerja yang memaksa

Lingkungan kerja yang tidak sehat karena petinggi sekolah yang sebenarnya tidak kompeten, tapi memaksakan kehendak mereka. Merupakan hal yang dapat menurunkan semangat mengajar para guru.

  1. Intervensi yang mempersempit kreativitas pengajar

Fasilitas serta ruangan yang cocok untuk mengajar, merupakan hal penting. Dengan interverensi dari piha sekolah, yang mempersempit pengenbangan kreativitas mengajar. Dapat menimbulkan masalah pengajar mengerti kemauan dan metode mengajar setiap siswa.

Check Also

Lima Cara Menangani Perasaan Pesimis

Edupost.id – Kecenderungan bersikap positif, ternyata mampu ditangani dengan kepercayaandiri.  Dengan menggunakan cara ABCDE, seperti …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *