Kamis , 24 Agustus 2017
Home / Psikologi / Enam Hal yang Harus Dilakukan Jika Bertengkar dengan Sahabat
sahabat
Ilustrasi. Sahabat (foto: wernative.org)

Enam Hal yang Harus Dilakukan Jika Bertengkar dengan Sahabat

Edupost.id – Memiliki sahabat adalah hal yang menyenangkan, namun pertengkaran kadang sulit untuk dihindari. Jika pertengkaran itu dibiarkan terus menerus, hubungan persahabatan akan kian renggang. Bahkan, bisa berujung pada permusuhan.

  1. Mengidentifikasi masalah

Coba identifikasi apa masalahnya. Pastikan bahwa pertengkaran kalian memang disebabkan karena ada masalah tertentu diantara kalian dan bukan karena sahabatmu yang sedang badmood saja atau sedang punya masalah pribadi.

  1. Biarkan sahabatmu menenangkan diri dulu

Biarkan temanmu menyendiri dulu untuk menenangkan diri. Hal ini lebih baik dibandingkan memborbadirnya dengan berbagai pertanyaan dan permintaan. Biarkan dia berpikir jernih dulu dan melihat situasi yang ada dengan lebih tenang.

  1. Coba Tanya apa masalahnya

Coba tanyakan ke temanmu apa masalahnya. Berbicaralah dari hati ke hati, walau mungkin hal ini terasa berat dan justru bisa mengarah pada pertengkaran yang lebih besar.

  1. Akui kesalahan lebih dulu

Coba akui kesalahan lebih dulu dan minta maaf. Walau terkesan mengalah lebih dulu, namun ini justru bisa menjadi solusi. Hal ini juga akan mendorong temanmu melakukan hal yang sama.

  1. Terima apapun keputusannya

Jika temanmu memilih untuk memutus persahabatan kalian atau menjauh darinya. Sikapilah dengan tenang dan tetap berperilaku baik. Jangan terlalu bersedih atau malah membencinya. Berusahalah tetap menyapanya dengan ramah, bukan bermusuhan.

  1. Jadikan sebagai pelajaran hidup

Instropeksi dirimu dan jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran berharga. Tidak perlu disesali atau marah dengan keadaaan yang ada. Hadapi hari esok dengan sikap ter baikmu, berusahalah menjadi pribadi yang lebih baik. (IK-SS)

Check Also

Kemenag Siapkan Beasiswa S2 untuk Guru Madrasah

Edupost.id – Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah membuka program beasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *