Jumat , 22 September 2017
Home / Psikologi / Enam Kesalahan Pelajar Ketika Memilih Kampus
memilih-universitas
Ilustrasi. Memilih universitas (theweek doc.)

Enam Kesalahan Pelajar Ketika Memilih Kampus

Edupost.ID – Memilih universitas bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak salah dalam memilih universitas. Tidak sedikit mahasiswa yang menyesal karena salah memilih universitas. Seperti yang dilansir dari Fastweb, ada enam kesalahan yang sering dilakukan calon mahasiswa baru ketika memilih universitas.

  1. Mengikuti teman.

Mengikuti teman dalam memilih universitas, merupakan ide yang buruk. Hal tersebut dilakukan karena anda ingin menghabiskan waktu dengan mereka. Namun, anda perlu memperhatikan masa depan anda. Makadari itu, pilihlah universitas yang benar anda sukai.

  1. Lokasi

Memilih lokasi universitas yang dekat dengan rumah atau yang jauh dari rumah merupakan hal yang sering dilakukan. Jika memilih yang lokasinya dekat dari rumah memang anda tetap dekat dengan keluarga dan teman. Ketika anda memilih yang jauh dari rumah, mungkin saja anda ingin hidup mandiri dan terlepas dari kekangan. Namun, perlu diperhatikan juga dampak buruk dari salah memilih lokasi universitas.

  1. Biaya

Biaya universitas yang murah bisa membuat banyak calon mahasiswa baru tertarik untuk mendaftar. Namun, perlu diperhatikan juga apakah biaya yang murah tersebut sesuai dengnan kualitas universitasnya. Jika memang anda bermasalah dengan keuangan, maka carilah informasi beasiswa di universitas yang dipilih.

  1. Tidak meninjau lokasi

Memilih universitas tanpa pernah meninjau langsung merupakan hal yang salah. Sebelum memilih universitas, sebaiknya anda melihat kondisi universitas. Dengan datang kesana, anda bisa melihat bangunan, lokasinya startegis atau tidak, lingkungan mahasiswanya, ruangan kampus, dan lainnya.

  1. Orangtua memaksa

Membiarkan orangtua anda memutuskan mana universitas yang tepat atau dipaksa orangtua merupakan cara yang salah. Anda harus berpikir tentang tujuan utama masuk ke universitas. Sebaiknya tetap ikuti kata hati jika memilih universitas. (Nisa)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *