Selasa , 24 Januari 2017
Home / Psikologi / Enam Tips Ini Bantu Kamu Mahir Menulis

Enam Tips Ini Bantu Kamu Mahir Menulis

Edupost.ID – Kamu suka menulis? Tapi tidak tau cara untuk mengembangkan kemampuanmu? Berikut ini beberapa tips dari Tim Trainer jurnalistik Edupost.ID yang bisa membuatmu mahir menulis.

1. Menulislah setiap hari

Sempatkanlah untuk menulis setiap hari misalnya selama 15 menit saat jam istirahat atau sebelum kamu tidur. Kamu dapat menuangkan semua ide-ide yang kamu miliki untuk menulis artikel tentang apapun itu. Hal yang terpenting untuk menjadi penulis adalah, kamu benar-benar harus menyediakan waktu untuk itu.

2. Buatlah catatan harianmu

Bahkan untuk mereka yang bukan penulis, catatan/buku harian adalah cara yang tepat untuk mengembangkan diri mereka. Dengan membuat catatan harian, kamu akan terlatih untuk mendokumentasikan kehidupanmu dan mengekspresikan emosi.  Hal ini sanagt membantu dalam proses menulis.

3. Bacalah berbagai jenis buku

Baca jenis buku tentang ide yang ingin kamu tulis, dengan begitu kamu akan bersemangat untuk membuatnya. Belajarlah dari penulis yang berbeda dengan membaca karya mereka. Bahkan jika kamu membaca buku yang kamu anggap buruk, tanyakan pada dirimu sendiri apa yang dapat kamu pelajari dari hal itu.

4. Cobalah hal-hal baru

Cobalah mempelajari keterampilan baru, melakukan hobi baru, pergi tempat-tempat yang belum pernah kamu datangi. Melihat dunia dari sisi yang berbeda sebanyak mungkin. Kegiatan baru, lokasi baru, orang baru, budaya baru. Semua hal ini akan menginspirasi kamu untuk mudah menulis.

5. Percaya diri

Jangan katakan kepada diri sendiri, kamu tidak bisa menulis. Percaya diri saja! Tulislah apa yang ingin kamu tulis. Menulis tentang hal-hal yang membuat kamu bersemangat. Menulis tentang hal-hal yang kamu sukai. Menulis cerita yang membuatmu senang untuk membacanya.

6. Jadilah diri sendiri

Jangan membandingkan diri kamu dengan penulis lain. Setiap orang memiliki pengalaman unik mereka sendiri, sudut pandang mereka sendiri dan ciri khas masing-masing.  (Iyes)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *