Selasa , 25 April 2017
Home / Psikologi / Inilah Alasan Siswa Harus Bermain di Luar Kelas Saat Jam Istirahat
Anak sedang belajar dan bermain di alam. foto : dok. cbc

Inilah Alasan Siswa Harus Bermain di Luar Kelas Saat Jam Istirahat

Edupost.ID – Tidak semua permainan yang guru berikan di dalam kelas itu bermanfaat bagi siswa. Seperti yang dilansir dari HuffingtonPost, sebuah studi di Washington University mengatakan siswa yang bermain di luar kelas ketika jam istirahat tiba, memiliki pengalaman yang lebih banyak.

Sebuah sekolah umum di St. Louis memberikan siswanya kesempatan untuk mendapatkan pengalaman ketika bermain di luar sekolahnya. Studi ini membandingkan seberapa banyak siswa dari kelas 2-5 dari 106 orang di St. Louis pelajaran yang mereka dapatkan ketika bermain di luar kelas.

Hasilnya menunjukkan para siswa memiliki pengalaman baru ketika bermain di luar kelas. Mereka mendapatkan pengalaman yang lebih sedikit ketika bermain di dalam kelas. Seperti ketika bermain di luar kelas ketika jam istirahat, mereka berjalan sekitar 1,281 langkah, sedangkan jika bermain di dalam kelas hanya sekitar 378 langkah.

Anak-anak hanya mendapatkan pendidikan fisik di sekolah selama beberapa waktu dalam seminggu. Solusinya adalah ketika jam istirahat mereka bermain di luar kelas. Saat itulah mereka belajar sesuatu yang baru.

“Kegiatan anak-anak di Missouri ketika jam istirahat biasanya bermain di gym atau di dalam kelas. Sedangkan kami menginginkan kegiatan yang lebih berkualitas bagi mereka,” ujar Susan B. Racette, seoranng penulis.

Menurutnya sekolah harus memberikan pilihan lain jika kegiatan di luar kelas ketika jam istirahat tidak memungkinkan. Seperti ketika cuaca sedang buruk, bermain di dalam gym memang bagus, tapi sebaiknya berikanlah permainan di dalam kels yang mampu memberikan aktivitas yang bermanfaat bagi para siswa. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *