Rabu , 25 Januari 2017
Home / Psikologi / Kekerasan Seksual Anak, Psikolog: Miras Faktor Utama
Pelaku-Kekerasan-Seksual-ICMI-Hukum-Mati
Ilustrasi Kekerasan Seksual Anak

Kekerasan Seksual Anak, Psikolog: Miras Faktor Utama

Edupost.id, Jakarta – Minuman keras (miras) yang beredar bebas memicu remaja untuk melakukan berbagai tindak kejahatan. Seperti kekerasan seksual, pencurian, dan pembunuhan. Keberadaan miras perlu diwaspadai berbagai pihak baik orangtua, masyarakat, dan lainnya agar anaknya terhindar dari berbagai pelecehan dan kekerasan. Demikian penilaian dari Psikolog Terapan Universitas Indonesia (UI) dan Dewan Pembina Gerakan Anti Miras, Hamdi.

“Pengaruh miras sangat berbahaya bagi kesehatan maupun psikis pemakai, yang utama adalah hilangnya kesadaran sehingga membuat pelaku melakukan perbuatan apa pun,” tegasnya kepada Edupost.id.

Selanjutnya, tambah Hamdi, remaja yang minum miras dengan kadar yang tinggi dapat kehilangan kontrol diri. Sehingga tanpa berpikir ia dapat melakukan berbagai kejahatan dalam waktu yang cepat.  Hamdi mencontohkan seperti kasus yang dialami Yuyun, faktor utama pelaku melakukan pemerkosaan serta pembunuhan yaitu miras.

Faktor ekonomi dan keluarga, tutur Hamdi, juga dapat menjadi alasan pelaku melakukan penyiksaan. “Banyak yang mengalami hidup di dalam kemiskinan, orangtua harus bekerja lebih keras lagi sehingga pengawasan terhadap anak jadi kurang sekali.

Dampak miras lainnya menurut Hamdi yaitu turunnya prestasi belajar, pelaku sering menyendiri, jarang masuk sekolah, inisiatif berkurang, dan terjebak dalam pergaulan bebas. Daya tahan tubuh berkurang dan pelaku cepat menyerah terhadap keadaan dan masalah. (Nisa)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Nelayan Harus Pahami Zona Potensial Penangkapan Ikan

Edupost.ID- Produksi usaha penangkapan ikan di Indonesia sangat tergantung pada ketersediaan informasi daerah penangkapan ikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *