Minggu , 24 September 2017
Home / Psikologi / Lakukan Tujuh Hal Ini, Persahabatanmu Akan Awet sampai Tua

Lakukan Tujuh Hal Ini, Persahabatanmu Akan Awet sampai Tua

Edupost.id – Meluangkan waktu untuk memelihara persahabatan abadi bukanlah usaha yang sia-sia. Saat waktu berganti dan banyak hal berubah, kita akan menyadari betapa berharganya arti sebuah persahabatan. Berikut ini tujuh hal agar persahabatan kita awet sampai tua, dikutip dari Wikihow:

  1. Bila berjanji harus ditepati

Jangan pernah membuat janji bila tidak bisa kamu tepati. Jangan memelihara kebiasaan suka ingkar janji. Jika Anda terlanjur melakukannya, segera minta maaf dan menyesali hal tersebut. Karena jika hal ini terjadi berulang, anda tidak akan dipercaya lagi oleh teman anda.

  1. Dapat diandalkan

Jadilah seseorang yang bisa diandalkan, bisa menolong saat diminta bantuan oleh teman kita. Kita berusaha selalu bersedia kapanpun dibutuhkan teman kita saat kesusahan. Kita juga bisa dipercaya sehingga teman kita merasa aman bersahabat dengan kita.

  1. Minta maaf bila berbuat salah

Manusia bukan makhluk yang sempurna, kita tidak perlu malu untuk meminta maaf terlebih dahulu. Dengan kita meminta maaf, teman kita akan makin senang bersahabt dengan kita karena mau mengakui kesalahan. Tentu saja, kita harus memperbaiki diri kita agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. Jujur

Jujurlah dengan perasaanmu tentang sikap teman yang membuatmu merasa tidak nyaman. Jangan disimpan saja, karena hal itu akan menjadi masalah di kemudian hari. Sampaikan saja apa adanya, jangan kuatir menyakiti hatinya. Karen ahal itu juga untuk kebaikan temanmu agar berubah menjadi lebih baik lagi. Tentu saja, sampaikanlah dengan cara yang baik dan tidka menyinggung perasaaannya.

  1. Jangan memanfaatkan orang lain

Berteman itu artinya siap memberi dan menerima. Jadi jangan berpikir alasan kita berteman adalah untuk mengambil keuntungan dari temna kita itu. Kita harus tulus berteman dalam kondisi appaun baik saat membutuhkan ataupun saat dibutuhkan.

  1. Setia

Berusahalah menjadi teman yang setia dengan tidak membeberkan rahasia teman kita ke orang lain sekalipun teman kita tidak tahu hal itu. Termasuk aib atau kekurangan teman kita, jangan sampai kita jadi penyebar aib teman kita sendiri. Begitupula, saat teman kita dihina orang lain, kita pun harus siap membelanya.

  1. Saling menghormati

Kita perlu terbuka dan saling mendukung pendapat atau pilihan hidup teman kita. Apapun keputusan yang dibuat teman kita, selama itu positif, kita perlu menghormatinya dan menerimanya seperti kita juga ingin diperlakukan demikian. (IK/SS)

Check Also

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Pembelajaran Mitigasi Anak SD

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan inovasi media pembelajaran mitigasi bencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *