Senin , 24 April 2017
Home / Psikologi / Lima Cara Cepat Menetapkan Tujuan Hidup
Lima-Cara-Cepat-Menetapkan-Tujuan-Hidup
Ilustrasi: Contoh Kartu Indeks Tujuan Hidup. (Foto: rachelgilmore)

Lima Cara Cepat Menetapkan Tujuan Hidup

Edupost.id – Terdapat banyak hal yang menarik perhatian dengan arah berbeda. Anda perlu tetap memandu diri kembali ke tujuan. Seperti dalam buku The Success Principles for teens “20 Trik Jadi Remaja Asyik” karya Jack Canfield, ada lima cara cepat untuk menetapkan tujuan serta menjadi bahagia.

Berikut sejumlah cara dan teknik yang dapat membantu anda melakukannya:

1. Kartu indeks

Tulis tujuan anda pada kartu indeks ukuran 8×13 cm. Kartu memungkinkan anda mengulas tujuan secara cepat dan mudah. Simpanlah kartu indeks di samping tempat tidur. Sehingga saat anda terjada di malam hari dan sebelum tidur, anda dapat melihatnya.

2. Buku rencana harian

Jika anda memiliki buku atau agenda sekolah, tulis tujuan anda pada beberapa halaman. Kemudian tulislah pengingat untuk melihat ulang beberapa darinya selama seminggu. Tujuan dari buku ini yaitu untuk selalu menjaga tujuan tetapa da di depan anda.

3. Buku tujuan

Cara lainnya ayitu dengan memuat binder spiral atau jurnal kosong. Kemudian, buat halaman terpisah untuk setiap tujuan. Tulis tujuan di bagian atas kertas lalu hias dengan gambar serta pernyataan (dapat digunting dari majalag bekas) yang menggambarkan tujuan yang ingin anda capai. Saat anda memiliki tujuan dan hasrat baru, mulailah pada halaman baru serta tambahkan pada buku tujuan.

4. Tulis surat untuk diri sendiri

Pada 9 Januari 1970, Bruce Lee yang dikenal sebagai seniman ilmu bela diri pernah membuat surat untuk diri sendiri. Ia menulsikan keinginannya pada 1980 untuk menjadi bintang film terkenal di Amerika. Kemudian pada 1973, film Enter the Dragon menjadi awal kesuksesan besarnya. Surat itu saat ini terpajang di dinding planet Hollywood, New York City.

5. Tulis cek untuk diri sendiri

Pada 1987, Jim Carrey, seorang komikis muda yang saat ini dikenal sebagai aktor terkenal menulis cek untuk dirinya sendiri. Dia menuliskankan cek sebesar $10 juta dan selalu menyimpan di dompetnya. Kemudian pada 1995 melalui film Ace Ventura: Pet Detective dan The Mask, honor yang dimintanya naik emnajdi $20 juta per film. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *