Rabu , 18 Januari 2017
Home / Psikologi / Lima Cara Menangani Perasaan Pesimis

Lima Cara Menangani Perasaan Pesimis

Edupost.id – Kecenderungan bersikap positif, ternyata mampu ditangani dengan kepercayaandiri.  Dengan menggunakan cara ABCDE, seperti yang dilansir “Learn Optimism”, Martin Seligman.

Cara yang mampu membantu menghilangkan rasa tidak percaya akan kemampuan yang dimiliki, metode ini biasa digunakan bagi individu yang kurang memperhatikan kemampuannya sendiri.

Berikut Cara ABCDE;

1. A= Activating Event/Adversity.
Kita menemui kesulitan atau tantangan dalam hidup. Ini adalah kejadian yang memicu munculnya perasaan dan emosi.

2. B= Belief
Sistem keercayaan kita bertanggung jawab untuk memberikan arti pada kejadian yang kita alami. Arti yang didasarkan pada sistem kepercayaan kita, akan menentukan apakah kejadian ini positif atau negative.

3. C= Consequences
Kita sadar akan akibat dan kosekuensi yang akan kita jalani bila kita tetap mempertahankan kepercayaan yang salah ini.

4. D= Disputation
Kita mulai mempertanyakan kebenaran kepercayaan yang selama ini kita pegang teguh. Kita mulai mencari alternative lain.

5. E= Energisation
Kita menjadi sadar akan sisi positif kejadian yang kita alami. Kita dapat bertumbuh dan berkembang dengan memtik hikmah dari pengalaman kita.(ICA)

Check Also

Enam Faktor Penyebab Guru Kurang Kondusif Mengajar

Edupost.id – Peran guru sangatlah besar, apapun yang guru lakukan akan berdampak pada murid. Namun …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *