Minggu , 11 Desember 2016
Home / Psikologi / Lima Kiat Menjadi Guru Idola Para Murid
guru-mengajar
Ilustrasi. Guru mengajar

Lima Kiat Menjadi Guru Idola Para Murid

Edupost.id- Menjadi guru adalah panggilan dari dalam jiwa seseorang. Seorang guru harus mampu memberikan contoh yang baik bagi para murid, mengambdi dengan sepenuh hati dan memiliki tekat yang kuat. Namun hal itu tidak hanya cukup, pengetahuan yang luas dan keteladanan harus dipunyai. Untuk menjadi guru yang diidolakan oleh para murid.

Tentu tidaklah mudah dan perlu kiat khusus untuk menghadapi, sehingga bisa menjadi guru yang dirindukan, menyenangkan dan teladan bangsa. dilansir dari wikihow.com, berikut adalah lima kiat menjadi guru yang diidolakan murid.

Lima Kiat Menjadi Guru yang diidolakan Murid

  1. Bijaksana

Mulailah memperkenalkan diri dan mengajar dengan ceria. Buatlah suasana kelas tidak tegang dan siswa tidak merasa tertekan. Tentu saja siswa akan menjadi antusias, bahkan bisa menjadi aktif karena tidak takut bertanya atau mengeluarkan pendapat. Guru Harus tahu tingkat pemahaman dan kemampuan setiap muridnya.
Hendaknya guru memberikan metode pengajaran yang paling mudah dipahami. Sehingga baik siswa kategori kelas bawah, tengah maupun atas mampu menerima materi dengan mudah.

  1. Tampil Bersahaja dan Rapih

Selain itu kondisi saat mengajar harus senantiasa bersemangat. Supaya siswa juga ikut bersemangat dalam belajar di kelas. Guru yang teladan juga harus menguasai materi yang diajarnya. Sehingga apabila ada kendala yang dihadapi murid, guru bisa membantunya.
Tingkah laku guru yang bersahaja akan menjadi contoh yang efektif daripada dengan perkataan. Jadi pastikan untuk mencontohkan teladan yang baik, supaya siswa juga berlaku hal yang sama.

  1. Sabar dan Rendah Hati

Tidak merasa sombong dan mengapresiasi setiap karya murid, akan menimbulkan rasa kepercayaan murid terhadap guru. Oleh sebab itu, kendalikan diri untuk merasa paham selalu dan menerima setiap keadaan dengan sabar.

  1. Kreatif dan Inovatif

Sampaikan materi pelajaran dengan menarik dan inovatif, misalnya dengan melakukan preaktikum atau studi lapangan.
Terkadang cara ini mampu membuat siswa antusias terhadap pelajaran yang diajarkan, meskipun kadang tidak sesuai dan berjalan mulus. Mulailah banyak membaca dan mencari inofrmasi tentang metode belajar asik, sehingga dapat memodifikasi situasi menjadi lebih terancang.

  1. Tanamkan Niat Berbakti

Guru adalah profesi dan pekerjaan, yang membutuhkan timbal balik yang setimpal. Disamping mengajar mencerdaskan murid, juga harus ikhlas tanpa pamrih yang besar. Mencurahkan segala yang dimiliki di jalur ilmu pengetahuan untuk generasi bangsa. Jadilah pahlawan tanpa tanda jasa dan bukan karena hasil jaminan uang saku. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *