Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Psikologi / Lima Kiat Meyakinkan Orangtua saat Pilih Jurusan Kuliah Sendiri
Beasiswa-LPDP-S2-S3-di-Dalam-dan-Luar-Negeri
ilustrasi : iowastatedaily

Lima Kiat Meyakinkan Orangtua saat Pilih Jurusan Kuliah Sendiri

Edupost.id- Tidak mudah menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan orangtua, sebagai calon mahasiswa kita juga harus mengetahui karir kedepannya. Banyak orangtua yang sulit menyetujui jurusan yang akan dipilih, namun sebagai pelaku kegiatan perkuliahan anda harus dapat menyakinkan orangtua hingga dipercaya untuk menentukannya sendiri.

Diperlukan beberapa proses atau kiat memberi keyakinan pada orangtua mengenai jurusan kuliah, berikut 5 kiat yang dilansir oleh collegeconfidential.

  1. Membuat perjanjian

Buatlah perjanjian sebelum anda membuat pilihan jurusan, orangtua tentu akan memberikan toleransi jika anda tidak dapat menjadi apa yang diharapkan.

  1. Menjelaskan dengan Jelas

Orangtua menuntut anaknya menjadi orang yang bertanggung jawab, seperti halnya saat memilih jurusan kuliah. Berikan alasan yang masuk akal dan pastikan pilihan jurusan tidak akan merepotkan, jelaskan keuntungan di masa depan setelah lulus kuliah dan bekerja.

  1. Memberikan referensi baru

Jika sebelumnya orangtua memiliki calon jurusan yang menurutnya cocok, jangan patah hati. Cukup membuat bandingan dari kemampuan anda yang sebenarnya. Terkadang orangtua menjadi bingung dan justru memberikan wewenang anda memilih jurusan yang diminati.

  1. Tunjukan Semangat

Usahakanlah tidak memerlihatkan rasa lelah dan bosan dengan jadwal kuliah anda, hal itu justru akan menambah orangtua khawatir dan sulit mempercayai anda. Contohnya, ajak orangtua anda mengenal tokoh idola sekaligus orang yang anda buat motivasi.

  1. Tunjukan Hasil

Sebelum memaksa orangtua mengikuti keinginan anda, buktikan kepada mereka bahwa anda layak mendapat apresiasi. Misalkan jika anda berminat memilih jurusan arsitektur, mulai lah pamerkan hasil karya anda pada orangtua. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *