Minggu , 26 Maret 2017
Home / Psikologi / Lima Panduan Kelola Keuangan bagi Mahasiswa
panduang kelola uang mahasiswa
Top 5 Money Saving Tips For Students. ilustrasi : slideshare

Lima Panduan Kelola Keuangan bagi Mahasiswa

Edupost.ID – Tidak jarang mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengelola keuangannya. Saat masih usia sekolah umumnya masih ditanggung orang tua dalam hal finansial. Semua kebutuhan diatur dan ditanggung orang tua langsung. Setelah memasuki masa kuliah, mereka mulai hidup mandiri, jauh dari orang tuanya. Karena itu, mahasiswa perlu mengikuti enam panduan dalam mengelola keuangan, seperti dilansir Money.usnews berikut ini.

  1. Membuat anggaran

Mahasiswa perlu merencanakan anggran keuangannya di tiap bulannya. Di dalam anggaran itu, dicantumkan jumlah pendapatan bulanan, seperti tabungan, honor kerja paruh waktu dan tunjangan dari orang tua. Kemudian di dalam anggaran ditulis jenis-jenis pengeluaran seperti biaya kuliah, makan, sewa tempat tinggal, belanja buku dan lainnya. Memang bukan hal yang mudah untuk mengidentifikasi besarnya pengeluaran di awal bulan, tapi hal ini tetap harus dilakukan. Nantinya laporan anggaran ini membantu mahasiswa mengantisipasi dari mengeluarkan uang tanpa terencana.

  1. Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan

Kebutuhan yang layak untuk kita penuhi diantaranay biaya makan, sewa tempat, dan lainnya. Sementara, mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan sesaat yang sifatnya sekunder atau tersier sebaiknya dihindari. Misalnya keinginan untuk membeli baju atau makanan enak di restoran merupakan keinginan yang harus bisa ditahan bila anggaran terbatas.

  1. Membuat rekening di bank

Mahasiswa perlu membiasakan diri untuk menganggarkan sebagian uang yang dimiliki untuk ditabung. Sedangkan, menabung yang paling aman adalah dengan membuka rekening tabungan di bank. Selain aman, juga memudahkan dlama transfer dan mudah untuk dipantau jumlah nominalnya.

  1. Hindari berhutang atau kartu kredit

Meskipun berhutang itu dibolehkan namun mahasiswa perlu menghindari hal ini. Kebiasaan berhutang, terlebih untuk keperluan yang kurang penting, artinya mahasiswa telah mengeluarkan uang secara tidak terencana atau di luar anggaran yang ada. Hal itu, akan menjadi masalah di kemudian hari. Kalaupun terpaksa harus berhutang misalnya untuk biaya berobat atau membayar uang kuliah, amka catatlah dengan baik jumlahnya dan bertekatlah untuk mencicil pembayaran utang tersebut. Jangan menunda-nunda mencicilnya, hal itu ustru menjadi beban di kemudian hari.

  1. Berhematlah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menghemat keuangan diantaranya memilih meminjam buku di perpustakaan atau memfotokopi buku teks kuliah tanpa harus membelinya. Dalam memilih tempat tinggal, sebaiknya yang tidka jauh drai kampus demi menghemat ongkos transport. Selain itu, cari tempat tinggal yang menyediakan dapur umum agar bisa memasak makanan tanpa harus terus jajan di warung makan. Gunakan fasilitas gratis seperti WIFI, listrik, minuman yang tersedia di kampus atau tempat umum lainnya. (IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *