Kamis , 21 September 2017
Home / Psikologi / Lima Wisata Air di DIY ini Menarik Dikunjungi Saat Liburan
Lima Wisata Air di DIY ini Menarik Dikunjungi Saat Liburan
Lima Wisata Air di DIY ini Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Lima Wisata Air di DIY ini Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Edupost.ID – Liburan sekolah yang juga bertepatan dengan liburan tahun baru dapat menjadi ajang berkumpul dan berekreasi bersama keluarga. Bagi Anda yang tertarik berlibur di Yogyakarta, tak ada salahnya mencoba bermain air di beberapa obyek wisata air di Yogyakarta ini.

1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark
Jogja Bay merupakan tempat arena permainan air yang mengacu waterbom di Bali dan waterpark di Orlando AS. Tempat rekreasi anak dan keluarga ini berada di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman atau di sebelah utara Stadion Maguwoharjo.

Wahana ini memiliki 19 jenis wahana dengan keunggulan ‘How to survive in tsunamy and earthquake’. Disini tidak sebatas wisata air saja. Melainkan ada wahana edukasinya.

Jogja Bay mematok harga tiket Rp 60.000 untuk anak – anak, dan Rp 90.000 untuk dewasa. Sementara, anak-anak kurang dari dua tahun tidak dibebani biaya tiket. Jogja Bay buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 18.00 WIB, sedangkan untuk weekend Waterpark buka lebih cepat yaitu 08.00 WIB.

2. Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Air terjun Sri Gethuk terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan. Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti. Di bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan, menambah kesan unik dan mewah dari tempat ini.

Keistimewaan dan keunikan Air Terjun Sri Gethuk adalah air terjunnya tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai, melainkan jatuh dan mengalir di bebatuan karst sekitar sungai terlebih dahulu sehingga terlihat lebih cantik. Untuk bisa sampai ke spot air terjun ini, kita bisa berjalan kaki atau menaiki perahu rakit sederhana dengan menyusuri Sungai Oyo.

Agar bisa menikmati air terjun yang eksotis dan keren ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 yang sekaligus menjadi tiket terusan ke Goa Rancang Kencono.

3. Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang.

Istana Air Taman Sari menawarkan kesejukan, karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

4. Susur Sungai Gua Pindul
Gua Pindul merupakan salah satu gua dengan aliran sungai bawah tanah yang berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Panjang goa ini sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua adalah 4 meter, dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter.

Cara paling baik menikmati keindahan Gua Pindul tentu saja dengan menyusuri sungai yang mengalir di dalamnya dengan memakai ban dan pelampung. Anda akan diajak mengapung di air menggunakan ban bukan perahu karet untuk menyusuri 3 zona yaitu zona terang, remang, dan gelap sekitar 45-60 menit.

Harga tiket masuk Goa Pindul yaitu sebesar Rp. 35.000. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

5. Tlogo Putri Kaliurang
Tlogo Putri merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman. Lokasi ini menyajikan sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat juga beberapa wahana permainan di sekitar embung seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat jungkit dan beberapa permainan lainnya.

Ditempat ini juga terdapat segerombolan monyet yang sering menampakkan diri dan tidak terganggu dengan kedatagan para wisatawan. Monyet tersebut tidak akan mengganggu kecuali diganggu lebih dahulu.

Tlogo Putri terletak di kawasan lereng Selatan Merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat juga jalur tracking dengan berjalan kaki memasuki hutan dengan menyusuri jalan setapak sampai akhirnya sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau di Air terjun Tlogo Muncar.

Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswo, dan lainnya. Bagi yang akan menyaksikan pertunjukan ini tidak dipungut biaya. (Andi)

Check Also

Resep Lumpia Basah

Sembilan Jajanan Enak Saat Liburan Ke Semarang

Edupost.ID- Berlibur ke Semarang akan rugi rasanya bila belum mencicipi aneka jajanan khas dan menggugah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *