Minggu , 28 Mei 2017
Home / Psikologi / Mahasiswa Bunuh Diri, Psikolog: Suasana Hati Jadi Pemicu
Mahasiswa-Bunuh-Diri-Psikolog-Suasana-Hati-Jadi-Pemicu.jpg
Ilustrasi: Bunuh Diri. (Foto: dreamstime)

Mahasiswa Bunuh Diri, Psikolog: Suasana Hati Jadi Pemicu

Edupost.id – Angka kasus bunuh diri semakin meningkat dan tidak hanya menimpa dewasa tetapi juga kalangan remaja atau mahasiswa. Peneliti di Amerika menemukan bahwa kasus bunuh diri di kalangan remaja berasal dari suasana hati yang buruk. Demikian penilaian dari Manajer SDM dan Kurikulum LPIT Insan Permata Malang dan praktisi pendidikan, Sri Susanti Tjahjadini terkait kasus bunuh diri di kalangan mahasiswa.

“Yang menarik ilmuwan Amerika menemukan bahwa kasus bunuh diri di kalangan remaja justru dipicu suasana hati yang tidak baik. Hingga kampus pun bersegera mengeluarkan himbauan jika mahasiswa menemui kesulitan untuk segera konsultasi jadi jangan disimpan dan diselesaikn sendiri untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Menurut Santi, alasan keluarga dan ekonomi sering kali menjadi pemicu perilaku tersebut. Termasuk juga penyakit yang tidak kunjung sembuh. Bunuh diri merupakan perilaku yang ingin menyelesaikn masalah yang dianggap tidak dapat diselesaikn kecuali dengan kematian. Terlebih lagi ditambah tekanan mental dan psikis sehingga membuat pelaku tidak dapat lagi berfikir dan bertindak secara logis.

“Untuk mahasiswa bunuh diri bisa juga dengan alasan demikian. Bisa karena ada masalah keluarga atau tekanan lainnya,” imbuhnya.

Beberapa penyebab lainnya, tambah Santi, seperti depresi, kehilangn tujuan hidup, konflik batin, krisis dalam menjalin hubungan interpersonal, dan merasa gagal. Sementara untuk tekanan dari keluarga dan nilai akademik dapat menjadi pemicu sehingga menjadi depresi.

Terkait kasus bunuh diri yang terjadi pada mahasiswa IPB beberapa waktu lalu, Santi mengatakan perlu adanya penyeledikan. “Untuk kasus ini memang sedang didalami apa penyebabnya. Termasuk latar belakang keluarga. Perasaan bahwa dirinya gagal dalam suatu urusan penting bisa juga jadi pemicu,” ujarnya. (Nisa)

Check Also

mahasiswa IPB jadikan rambut manusia untuk suburkan tanah

Mahasiswa IPB Suburkan Tanah dengan Rambut Manusia

Edupost.id – Salon dan tempat pangkas rambut menghasilkan sejumlah sejumlah besar limbah rambut manusia yang belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *