Jumat , 26 Mei 2017
Home / Psikologi / Malas Belajar? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Malas Belajar? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Edupost.id – Pernahkah kamu merasa sangat malas membuka buku, padahal kamu harus belajar? Atau ketika kamu berusaha untuk belajar tapi tidak sampai setengah jam mata kamu sudah terasa berat? Berikut tips-tips yang bisa kamu coba agar lebih semangat belajar, dilansir wikihow.

1. Persiapkan tempat belajar kamu

Cari tempat yang tenang dan sedikit gangguan. Bisa di perpustakaan, cafe, kamar, atau tempat lainnya di manapun itu yang bebas dari gangguan. Sediakan perlengkapan alat tulis. Pastikan kamu memiliki pulpen, pensil, penghapus dan lainnya yang kamu butuhkan. Jangan sampai waktu belajar menjadi terganggu karena sibuk mencari alat tulis. Simpan beberapa makanan ringan dan minuman dimejamu. Ketika kita merasa haus akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkannya, dan makanan ringan seperti kacang dan buah dapat membantu untuk memulihkan kembali energi. Hindari makanan cepat saji dan kue karena justru akan membuatmu semakin mengantuk.

2. Hilangkan segala hal yang dapat mengganggu

Kenakan pakaian yang nyaman. Jika kamu memiliki rambut yang panjang, ikat rambutmu jangan sampai mengenai mata. Matikan suara handphone-mu. Jika mungkin matikan komputermu, apabila kamu memerlukan komputer untuk mencari data setelah itu, matikan akses internet kamu.

3. Buat tujuan kamu

Tetapkan tujuan buat apa kamu belajar. Buatlah penghargaan untuk dirimu sendiri ketika kamu telah menjapai tujuan kamu. Pikirkan apa yang akan kamu capai dengan belajar, cobalah bayangkan hal-hal baik yang akan datang kepada kamu.

4. Persiapkan dirimu

Buatlah jadwal belajar. Hal ini akan membantu kamu dalam membuat perencanaan belajar. Jangan menunda-nunda, jangan menunggu sampai menit terakhir untuk belajar. Misalnya baru belajar ketika besok baru ada ujian.

5. Mulailah belajar!

Kadang-kadang inilah bagian tersulit. Jika jadwal belajar kamu terlihat terlalu berat, tetapkanlah tujuan yang lebih kecil. Pertimbangkan membaca setengah bab saat ini lalu setengahnya besok. Lebih baik untuk melakukan hal sedikit saat ini daripada tidak melakukan apa-apa. (Iyes)

 

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *