Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Psikologi / Panduan bagi Mahasiswa dalam Memilih Ekskul di Kampus
Panduan-bagi-Mahasiswa-dalam-Memilih-Ekskul-di-Kampus
Ilustrasi: Mahasiswa Kesulitan Memilih Ekskul. (Foto: yourteenmag)

Panduan bagi Mahasiswa dalam Memilih Ekskul di Kampus

Edupost.id – Memilih kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) terkadang membingungkan karena mereka memiliki kelebihan tersendiri. Namun terdapat panduan bagi mahasiswa dalam memilih ekskul di kampus. Ekskul di kampus tentu beragam baik dari seni, olahraga, dan lainnya.

Berikut lima panduan bagi mahasiswa dalam memilih ekskul di kampus:

1. Fokus

Seperti dilansir universitylanguage, jika anda belum mengetahui karir apa yang cocok untuk anda, maka anda perlu mempertanyakan beberapa hal. seperti Apa subyek favorit anda? Pelajaran apa yang mendapat nilai baik? Pertanyaan tersebut dapat membuat anda fokus dand apat memilih ekskul dengan baik.

2. Mencari klub yang sesuai

Anda dapat mengikuti klub apasaja. Bahkan jika ada klub yang menarik emnurut anda, periksalah. Anda akan bertemu dengan banyak teman dari berbagai larabelakang. Jika setelah masuk klub anda merasa tidak cocok, maka carilah klub yang lain.

3. Pertimbangkan selain ekskul

Klub bukan satu-satunya kegiatan ekstrakurikuler di perguruan tinggi yang pantas untuk dicoba. Magang dan program relawan menajdi pilihan lain yang sangat dihargai serta menjadi sangat menyenangkan. Ada banyak alasan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam program magang di perguruan tinggi. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memulai langkah-langkah mengambil arah karir masa depan.

4. Mempersempit pilihan

Ada begitu banyak pilihan dan anda ingin mencoba semuanya. Tapi, penting untuk tidak membebani diri sendiri pada akhirnya. Pilihlah hanya satu atau dua kegiatan ekstrakurikuler dalam pada satu waktu.

5. Buat sendiri

Jika anda telah kehabisan semua pilihan dan masih belum menemukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat di perguruan tinggi, di sini adalah pilihan lain. Kebanyakan perguruan tinggi memungkinkan siswa untuk membentuk klub baru.

Jika anda memiliki hobi unik yang belum berubah menjadi klub, ambil inisiatif. Mungkin ada orang lain di luar sana memiliki hobi yang sama. Mereka hanya belum menemukan waktu dan tempat untuk berkumpul. Menemukan gairah anda yaitu dengan kegiatan ekstrakurikuler. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *