Rabu , 24 Mei 2017
Home / Psikologi / Sembilan Cara Jitu Raih Nilai TOEFL Tinggi

Sembilan Cara Jitu Raih Nilai TOEFL Tinggi

Edupost.ID – TOEFL sering dinilai termasuk salah satu tes yang paling sulit untuk masuk perguruan tinggi. Namun, ada kiat tersendiri agar anda dapat mengikuti tes TOEFL tanpa perlu khawatir mendapat nilai kecil. Seperti yang dilansir dari Englishteachermelanie, ada sembilan cara agar anda mendapatkan nilai yang tinggi di TOEFL.

  1. Pastikan anda memahami TOEFL
    TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang dibuat sebuah perusahaan Amerika bernama ETS. Ini adalah tes yang mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. Tes ini meliputi membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Tentunya memiliki nilai yang tinggi dalam TOEFL sangat menguntungkan jika masuk ke universitas di luar negeri.
  1. Bersiaplah
    Anda harus mempersiapkan diri sejak enam sampai satu tahun sebelum mengikuti tes TOEFL. Terutama jika anda tidak pernah mengikuti tes sebelumnya. Anda juga harus tahu skor tepat yang dibutuhkan di setiap universitas. Hal itu karena di setiap universitas memiliki standar skor yang berbeda. Namun, jangan mencoba untuk mempersiapkan tes saja. Paling tidak, anda perlu buku teks. Bahkan jika anda menggunakan buku teks, anda tetap butuh mengikuti les. Anda membutuhkan seseorang untuk membantu anda dengan pengucapan Bahasa Inggris dan menilai dalam keterampilan berbicara dan menulis.
  1. Baca semuanya, dengarkan segalanya.
    Ketika anda sedang mempersiapkan untuk TOEFL, tidak cukup hanya mendengarkan dan membaca hal yang disukai.  Anda perlu membaca secara luas untuk membangun kosakata. TOEFL telah bekerja sama dengan sebuah perusahaan bernama Lexile untuk membantu anda menemukan buku sesuai dengan tingkatannya.
  1. Pelajari cara membuat catatan yang baik.
    Ini merupakan keterampilan penting dan dibutuhkan di universitas di luar negeri. Namun, jangan mencoba untuk menuliskan apa saja dan segala sesuatu yang anda dengar. Jangan hanya menuliskan kata yang anda pahami. Tuliskan informasi penting yang akan diperlukan nantinya. Gunakan simbol dan singkatan.
  1. Pastikan sebutan anda jelas.
    Pada TOEFL, tidak masalah jika berbicara dengan aksen. Pengucapan anda tidak harus sempurna, tetapi anda perlu berbicara dengan jelas dan dipahami. Ketika anda berlatih tugas berbicara sendirian, maka rekamlah.  Anda dapat mendengar diri anda berbicara dan mengevaluasi sendiri.
  1. Berlatih menggunakkan keyboard QWERTY
    Bagian akhir dari TOEFL adalah bagian tulisan. Anda perlu menggunakan keyboard QWERTY untuk mengetik hasilnya di komputer. Kebanyakan orang mengetik dengan menggunakan ‘berburu dan mematuk’ metode: Anda berburu (melihat) huruf yang dibutuhkan pada keyboard, dan kemudian mematuk (memukul) dengan jari. Tentunya metode itu membutuhkan waktu yang lama. Karena itu, berlatihlah mengetik dengan keyboard QWERTY.
  1. Pelajari bagaimana menulis esai Bahasa Inggris
    Ketika anda mulai berlatih esai, jangan khawatir tentang waktu. Setelah anda dapat menulis esai yang baik, mulailah atur waktunya sampai anda dapat menulis dengan cepat. Jika anda ingin berlatih sendiri, website ETS memiliki daftar pertanyaan esai independen khas.
  1. Latihan
    Ini adalah kiat terbaik yang dapat dilakukan anda. Siswa selalu mencari trik atau rahasia agar mereka dapat belajar untuk membantu mendapatkan nilai yang baik pada TOEFL. Setelah anda mengetahui TOEFL di dalam dan luar, anda hanya perlu latihan yang keras.
  1. Relaks
    Sebelum tes, jika memungkinkan, kunjungi lokasi tesnya. Pastikan anda tahu segala macam informasi dari panitia. Perkirakan waktu kehadiran dan tingkat kemacetan lalu lntasnya juga perlu. Jangan mencoba untuk ‘menjejalkan’ seluruh materi di hari sebelum ujian. Anda hanya perlu relaks dan beristirahat kemudian tidur malam yang cukup. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *