Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Psikologi / Sembilan Cara Unik Hilangkan Stres
Sembilan Cara Unik Hilangkan Stres
Sembilan Cara Unik Hilangkan Stres (foto: cekayhamilton.com)

Sembilan Cara Unik Hilangkan Stres

Edupost.id- Masalah ketegangan psikis atau emosi, biasanya hampir dirasakan setiap orang. Dapat dipastikan masalah yang dihadapi tersebut, merupakan salah satu bentuk stres. Secara umum stres diastikan sebagai tekanan (ketegangan) emosional, akibat dari kondisi lingkungan dan sosial yang tak terkendali atau melebihi kemampuan individu untuk mengatasinya.

Masalah tekanan tersebut dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan fisik seorang, bahkan dalam beberapa kasus, stres mampu memicu kemunculan berbagai penyakit, misalnya migrain, sakit perut, hingga penyakit jantung.

Selain dengan mengkonsumsi  beberapa makanan yang dapat menghindari stres,  seperti yang dilansir dari Healty.com  stres juga bisa dihilangkan dengan cara yang unik lainnya.

  1. Menolong Oranglain

Diketahui dari hasil penelitian para ilmuwan yang tergabung dalam Association fot Psychological Science, bahwa dengan memberikan dukungan, baik kepada teman maupun orang asing, ternyata dapat bermanfaat untuk mengurangi masalah kesehatan mental.

  1. Mengunjungi tempat dengan udara segar

Hal itu, mampu menenangkan diri dari tekanan permasalahan yang mampu mengguncang kestabilan mental dan jiwa. Menurut penelitian, saat tubuh terkena matahari pagi akan meningkatkan produksi vitamin D yang akan berdampak pada perasaan tenang dan bahagia.

  1. Mandi atau Berendam

Memanfaatkan air, sejak lama air diyakini memiliki efek baik dalam penyembuhan maupun penenangan diri.  Hal ini tentunya tak terlepas dari stimulus suasana mengingatkan tubuh dan fikiran pada keadaan kita saat dalam rahim dimana kita merasa sangat nyaman dan disayangi. Selain itu efek air sendiri memang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Lakukan mandi atau berendam dengan air hangat di bathub.

  1. Olahraga

Selain baik bagi kesehatan tubuh, olahraga sangat baik untuk kesehatan jiwa. Saat olahraga produksi hormon Endorphin akan meningkat, apalagi jenis olahraga yang sesuai dengan minat.

  1. Membayangkan Tempat yang Nyaman

Tidak perlu meninggalkan ruangan untuk sekedar mencari udara segar cobalah untuk menenangkan diri dan mengatasinya dengan imajinasi. Cara mengatasi stres yang satu ini cukup sederhana namun memiliki dampak baik bagi pikiran yang sedang tegang.

  1. Meditasi

Banyak pakar yang mengakui dampak dari meditasi sangat baik untuk kondisi jiwa seseorang, melakukan meditasi selama 15 menit sudah menyamai kebugaran tubuh saat melakukan olahraga selama 1 jam apalagi bagi pikiran.

  1. Luangkan waktu bersosialisasi

Stres bisa disebabkan karena pikiran terbebani dengan masalah yang dihadapi, semakin besar beban maka kecenderungan untuk semakin stres akan meningkat. Luangkan waktu bercerita pada teman atau kerabat dekat seputar masalah yang berkaitan. Hal itu akan menimbulkan dampak yang signifikan dalam mengatasi stres.

  1. Menggambar atau menulis

Menggambar dan menulis merupakan kegiatan yang bisa dikerjakan dimanapun, cobalah untuk menceritakan masalah melalui tulisan ataupun sebuah karya gambar.

  1. Beramal

Berdasarkan informasi yang dikutip dari NY Times, disebutkan terdapat penelitian yang berhasil mengungkapkan bila ternyata orang yang memberikan uang dengan bertujuan beramal, yaitu mampu membuat tekanan darah lebih rendah, bila dibandingkan dengan mereja yang mengeluarkan uang ekstra untuk keperluan sendiri. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *