Rabu , 19 September 2018
Home / Psikologi / Sembilan Kecerdasan Anak yang Wajib Diketahui Orangtua

Sembilan Kecerdasan Anak yang Wajib Diketahui Orangtua

Edupost.id, Bogor – Orangtua tentu menginginkan anak pintar dalam berbagai bidang. Banyak dari mereka yang memaksakan anaknya untuk mengikuti kemauan orangtua yang tidak sesuai dengan bakat anaknya. Orangtua perlu tahu bahwa ada sembilan kecerdasan anak yang harus diperhatikan dalam lima tahun pertama usia anak, seperti dilansir dari Skynews.

Sembilan kecerdasan itu yakni kecerdasan musikal, intrapersonal, interpersonal (sosial), visual spasial, natural (alam), kinestetik tubuh, moral, verbal linguistik, dan logika matematika.

Kecerdasan musikal terlihat jika anak mudah sekali mengikuti dan mengingat lagu. Sementara, kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan daya  tahan anak dalam menghadapi tantangan. Interpersonal ini penting karena orangtua dapat mengetahui  cara anak beradaptasi dan bekerjasama dengan lingkungannya.

Visual spasial, berhubungan dengan memahami ruang yang ia lihat. Jadi ia mampu melihat posisi ruang. Natural (alam), anak menjadi kenal dengan makhluk lain selain manusia di lingkungannya. Kinestetik tubuh, anak mampu melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh. Moral, saat anak mampu menerapkan kepatuhan dalam berperilaku baik.

Dua kecerdasan lainnya juga tidak kalah penting. Kecerdasan verbal linguistik, anak mampu menceritakan kejadian yang dilihatnya dengan mudah. Kemudian logika matematika, anak mampu memecahkan persoalan teori yang berhubungan dengan angka. Sembilan jenis kecerdasan tersebut tentu perlu diketahui orangtua agar mampu menentukan bakat anak sejak dini.  (Nisa)

Check Also

IGI Ajak 1000 Guru Ciptakan Komik Pembelajaran Berbasis IT

Pemerataan Guru, Pemerintah Terapkan Zonasi, Efektifkah?

Edupost.id – Rencananya pertengahan Oktober 2018 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menerapkan sistem zonasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=