Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Psikologi / Sepuluh Cara Efektif Hilangkan Stres bagi Mahasiswa
Sepuluh-Cara-Efektif-Hilangkan-Stres-bagi-Mahasiswa
Ilustrasi: Meninap di Rumah Teman untuk Redakan Stres. (Foto: cdn)

Sepuluh Cara Efektif Hilangkan Stres bagi Mahasiswa

Edupost.id – Jadwal yang padat serta tugas kuliah yang menumpuk terkadang membuat mahasiswa menjadi stres. Namun, ada cara untuk mengatasinya seperti dilansir Huffingtonpost, terdapat sepuluh cara efektif menghilangkan stres bagi mahasiswa.

Berikut cara yang dapat dilakukan para mahasiswa:

1. Musik dan tarian

Menari bukan hanya cara untuk bersenang-senang saja. Penelitian menunjukkan bahwa menari juga meningkatkan kesejahteraan psikologis dan meningkatkan harga diri. Memutar lagu kesukaan dan menari membantu stres menjadi hilang.

2. Ikut gym atau yoga

Mengatasi stres terkadang membutuhkan waktu. Mengikuti gym atau yoga melepaskan  endorfin yang membantu meningkatkan mood dan menjernihkan pikiran.

3. Menonton film di Netflix

Netflix merupakan situs streaming terkenal di dunia untuk menonton film. Pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan lewat media smartphone, smartTV, tablet, PC, dan laptop. Bersantai merupakan cara yang bagus untuk mengurangi aktivitas hormon stres dan meningkatkan konsentrasi.

4. Manjakan diri

Manjakan diri merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres. Anda dapat pergi ke salon untuk spa atau dipijat. Tidak sedikit salon yang menawarkan harga khusus bagi pelajar dan mahasiswa.

5. Hindari perpustakaan

Mahasiswa perlu menjauh sesaat dari perpustakaan. Mereka dapat mengganti kegiatannya dengan berjalan menyusuri kota atau ke taman.

6. Tertawa

Jika anda memang tidak dapat jauh dari buku, maka cobalah membaca buku komedi. Ketika anda tertawa, respon stres tubuh untuk bereaksi dan kemudian mendinginkan pikiran.

7. Membuat jadwal kegiatan baru

Membuat jadwal kegiatan yang baru dan menggantinya dengan yang lama dapat meredakan stres. Buatlah catatan secara terorganisir dengan kegiatan yang positif dan menyenangkan.

8. Makan makanan favorit

Ketika berhadapan dengan stres, penting untuk memastikan makanan apa yang anda makan. Jangan takut untuk memperlakukan diri anda untuk menyantap hidangan favorit.

9. Acara meningap

Mengadakan acara menginap di rumah atau menghadiri acaranya di rumah teman dapat merdakan stres. Hubungan yang baik menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat dan pengakuan mereka dapat memberikan dorongan untuk merasa yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja.

10. Menjelajah

Bepergian dan belajar tentang tempat baru merupakan cara yang bagus untuk menjauh dari stres selama berkuliah. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengambil istirahat dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas. (Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *