Selasa , 28 Maret 2017
Home / Psikologi / Tiga Alasan Mahasiswa Harus Pilih Jurusan Komunikasi
Mahasiswa jurusan komunikasi
Mahasiswa jurusan komunikasi (foto:greenlee)

Tiga Alasan Mahasiswa Harus Pilih Jurusan Komunikasi

Edupost.id – Bukan rahasia lagi bahwa mempelajari ilmu komunikasi atau jurnalistik merupakan pilihan yang paling menguntungkan bagi mahasiswa. Namun, tidak sedikit yang berasumsi bahwa profesi tersebut tidak cukup menghasilkan pendapatan yang baik. Seperti yang dilansir USAToday, ada tiga alasan penting mengapa jurusan komunikasi menjadi pilihan terbaik bagi mahasiswa.

1. Keterampilan komunikasi untuk seumur hidup

Beberapa mahasiswa memutuskan untuk belajar jurnalistik bukan untuk alasan mendapatkan pekerjaan. “Mempelajari jurnalisme telah meningkatkan kapasitas saya secara signifikan dalam hal menulis dan berbicara,” kata mahasiswa Universitas Maryland, Kirsten Petersen.

“Saya lebih percaya diri menjangkau orang-orang baru karena jurnalisme mengajari saya bagaimana cara berkomunikasi dengan semua jenis orang, dari anak-anak hingga orang dewasa,” jelasnya.

Kristen menilai bahwa banyak orang yang menilai skeptis terhadap jurusan komunikasi. Tapi, itu tidak menghentikannya meraih gelar jurnalistik. “Saya tahu bahwa belajar bidang komunikasi akan membantu saya menguasai keterampilan penting yang akan saya butuhkan untuk sisa hidup saya,” katanya.

2. Cepat mendapatkan pekerjaan

Anamika Roy lulus dari Universitas Maryland tahun lalu dengan gelar sarjana jurnalistik. Tidak lama setelah kelulusannya, ia mendapat pekerjaan di MetroWest Daily News di Framingham, Mass.

“Saya mengakui magang dibayar dan pekerjaan bergaji rendah sering membuat pesimis,” katanya. “Tapi, aku yakin jika anda bekerja paling keras dan berusaha untuk menjadi yang terbaik pada apa yang anda lakukan, kesuksesan finansial akan mengikuti anda,” tegasnya.

Pendapat serupa disampaikan mahasiswa Universitas Dusquesne, Jessica Nath. Duquesne. “Saya membuat keputusan untuk mengambil jurnalisme karena saya mencintai karir, bukan uang. Tapi, banyak wartawan memiliki keluarga dan hidup nyaman, tidak rumit, dan itulah keputusan saya,” ungkapnya.

3. Jadi ahli dalam berkomunikasi

Alasan lain mahasiswa banyak yang memilih jurusan komunikasi dan jurnalistik ialah karena nantinya bisa menjadi pakar komunikasi.

“Jika anda menyukai apa yang anda lakukan, jangan biarkan orang lain berkata mengambil jurusan komunikasi tidak memiliki masa depan. Saya pikir ada dan harus ada ruang bagi perusahaan untuk mempekerjakan orang-orang yang penuh gairah dan keterampilan berkomunikasi,” terang mahasiswa Carrie Blazina, Kent State. (Nisa)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *