Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Psikologi / Tips Agar Persentasimu Berjalan Mengesankan
Tips agar persentasimu mengesankan.

Tips Agar Persentasimu Berjalan Mengesankan

Edupost.ID – Salah satu kendala yang dialami mahasiswa saat belajar di kampus adalah saat mereka harus melakukan presentasi. Pada umumnya mahasiswa yang mendapatkan giliran untuk melakukan presentasi, merasa belum siap padahal sudah mempersiapkan segalanya. Berikut ini tips yang bisa membantu agar persentasimu berjalan mengesankan, seperti dilansir lifehack.

  1. Menangkap perhatian audiens

Menyampaikan presentasi hampir sama dengan memberikan pidato. Jika kamu tidak berhasil menangkap perhatian audiens, berarti kamu telah gagal. Itulah pentingnya membangun kredibilitasmu di awal. Salah satu cara menarik perhatian audiens adalah dengan membahas pengalaman tertentu yang berkaitan dengan materi, atau memasukkan informasi lain. Untuk hasil yang terbaik persiapkan juga media atau alat presentasi yang dibutuhkan.

  1. Jangan membaca

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa duduk mendengarkan presentasi yang hanya dibaca dari catatan adalah salah satu pengalaman paling membosankan. Jika kamu membaca seluruh presentasi, kamu tidak hanya gagal tapi kamu juga akan membuat mereka bosan sampai akhir. Oleh karena itu, kamu harus menyampaikannya, bukan membacanya. Gunakan alat bantu visual yang kamu miliki, siapkan beberapa catatan dasar yang akan membantumu mengingat fakta-fakta penting, tetapi gunakan hanya dalam keadaan darurat.

  1. Perhatikan waktu

Salah satu aspek yang paling penting dari presentasi yang baik adalah manajemen waktu. Perhatikan berapa banyak slide, berapa lama untuk menjelaskan setiap slide dan sebagainya. Sampaikan intinya. Selanjutnya kembangkan inti tersebut menjadi sebuah pembahasan yang menyenangkan. Di sinilah kemampuan dan penguasaan materi diuji, jika kamu dapat melakukannya dengan baik, maka audiens akan memberikan penilaian positif.

  1. Gunakan bahasa tubuh

Kamu tidak hanya harus berlatih berbicara tapi kamu juga harus menggunakan bahasa tubuh yang benar. Jika kamu membuat gerakan yang tepat, kamu akan terlihat lebih percaya diri. Seperti menjaga punggung untuk tetap lurus, tersenyum pada audiens, melihat mata audiens dan mencoba menggerakkan tangan. Gunakan ruang yang kamu miliki dan berjalanlah di sekitarnya. Hal itu membuatmu tidak terlihat kaku. Jangan hanya terpaku pada satu audiens, pindahkan perhatianmu pada sekitar ruangan sehingga semua orang akan memberikan perhatiannya pada presentasimu. (Iyes)

Check Also

Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Cara Mengajarkan Anak Membaca Jam

Edupost.id – Kemampuan membaca jam atau mengerti tentang konsep waktu merupakan salah satu hal penting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *