Selasa , 24 Januari 2017
Home / Psikologi / Tips Memilih Kos bagi Maba
Tips-Memilih-Kos-bagi-Maba
Tempat Kos. (Foto: informasikost)

Tips Memilih Kos bagi Maba

Edupost.id – Sebagi mahasiswa baru (maba) tentu sulit untuk menentukan tempat kos dan rumah kontrakan yang dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa baru menetap selama menempuh pendidikannya. Namun, terdapat tips untuk memilih kos bagi maba. Berikut empat tips yang dapat dicoba dan diperhatikan.

1. Pilih lokasi yang dekat dengan kampus

Pilihan paling utama mencari tempat kos sebaiknya dekat dengan kampus. Dengan memilih tempat kos dekat kampus, kegiatan perkuliahan tentu tidak akan terganggu. Pertimbangkan pula tempat kos yang dekat dengan pusat-pusat keramaian, sehingga ketika mengalami kejenuhan belajar, mahasiswa dapat memanfaatkan tempat-tempat tersebut sebagai pelepas stres.

2. Fasilitas lengkap atau kosong

Ada baiknya memilih tempat kos yang sudah menyediakan tempat tidur dan lemari pakaian. Ini sekadar untuk menghemat biaya pengeluaran. Jika memang merasa kurang betah, anda dapat berpindah-pindah dengan mudah. Tidak perlu repot angkut sana angkut sini.

3. Sewa secara bulanan atau tahunan

Ini hanya pilihan. Bila anda termasuk orang yang selalu ingin merasakan suasana baru, maka tempat kos yang menyewakan secara bulanan bisa jadi pilihan tepat. Selain terhitung lebih murah, anda juga tidak perlu repot pindah ke sana sini.

4. Kamar mandi dalam atau terpisah?

Urusan kamar mandi menjadi penting, ketika Anda harus berbagi dengan penghuni lain. Anda harus siap-siap berstrategi bangun pagi jika anda tidak ingin terlambat kuliah. Tentunya lebih nyaman jika kamar mandi ada di kamar Anda sendiri. Tapi periksa juga fungsi-fungsinya apakah bekerja dengan baik atau tidak? Terutama masalah air.

5. Biaya tambahan

Anda harus menanyakan sejak awal dengan pemilik kos tentang biaya-biaya tambahan. Biasanya pemilik tempat kos akan membebankan biaya tambahan untuk alat-alat elektronik, seperti televisi dan komputer atau laptop. Tanyakan pula apakah biaya tersebut tetap atau tidak setiap bulannya, sehingga anda dapat memperkirakan anggaran tetap setiap bulannya.

6. Jaga sopan santun

Meskipun anda membayar untuk tinggal di tempat kos tersebut, tidak berarti anda bebas bersikap sesuka hati. Permisilah sebelum melakukan sesuatu yang anda anggap bisa mengganggu, karena Anda tinggal dengan penghuni kos lainnya. Pandai-pandailah bergaul dan jangan terlalu sering mengurung diri di kamar terus-menerus.

7. Suasana lingkungan
Sebelum masuk tempat kos, coba cari tahu siapa saja yang menghuni rumah kos tersebut. Jangan sampai ada tetangga kos yang bisa mengganggu kegiatan belajar anda. Perhatikan juga lingkungan di luar rumah kos apakah kondusif atau tidak.

8. Keamanan

Perlu juga melihat bagaimana keamanan daerah sekitar tempat kos. Pastikan bahwa pemilik kos dapat memberikan jaminan keamanan yang memadai saat anda harus meninggalkan tempat kos. Usahakan pula untuk selalu mengunci rapat dan tidak meninggalkan barang-barang berharga di kamar kos, saat pergi kuliah.

9. Pergaulan

Carilah informasi tentang pergaulan anak-anak kos di tempat yang diminati untuk Anda nge-kos. Bagaimana pun juga, pergaulan mempengaruhi pola pikir, sikap, dan kebiasaan. Pertimbangkan pula mencari tempat kos yang penghuni lainnya memang sejiwa dengan anda, mudah diajak musyawarah dan tidak neko-neko. (Unpad/Nisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *