Selasa , 25 April 2017
Home / Psikologi / Tujuh Cara Membaca Cepat Agar Sukses Belajar
Belajar membaca cepat. ilustrasi : wordables

Tujuh Cara Membaca Cepat Agar Sukses Belajar

Edupost.ID – Kamu mungkin bingung bagaimana caramu bisa menghabiskan begitu banyak buku yang harus kamu baca setiap harinya terlebih saat kamu akan ujian. Mungkin kamu harus membaca buku-buku, laporan, proposal, surat-surat dan lainnya sehingga kamu membutuhkan kehalian membaca cepat. Berikut ini tujuh cara membaca cepat yang bisa membantumu agar sukses belajar, seperti dilansir Mindtools.

  1. Baca kalimat pertama dari sebuah paragraf

Pada awal paragraf biasanya terletak pernyataan kunci.  Dengan membaca kalimat pertama, kamu dapat menentukan apakah paragraf tersebut memiliki informasi yang kamu cari atau yang ingin kamu ketahui. Jika kamu membaca literatur, ini masih berlaku, tapi kamu mungkin akan kehilangan detail cerita pada karya sastra.

  1. Baca kalimat terakhir dari paragraf

Kalimat terakhir dalam paragraf juga berisi petunjuk tentang pentingnya materi yang dibahas. Kalimat akhir memiliki dua fungsi yaitu sebagai kesimpulan dan merupakan koneksi ke paragraf selanjutnya.

  1. Tak perlu membaca setiap kata

Ketika kamu sudah membaca kalimat pertama dan terakhir pada paragraf, kemudian kamu berfikir untuk membacanya lebih detail, kamu tidak perlu membaca setiap kata dalam paragraf tersebut. Gerakan mata kamu dengan cepat pada tiap baris dan cari kata kunci. Pikiran kamu akan secara otomatis mengisi kata-kata tersebut.

  1. Abaikan kata-kata kecil

Abaikan kata-kata kecil seperti itu, untuk, yang, sebuah, dan, menjadi. Kamu tidak memerlukan mereka.

  1. Beri tanda

Beri tanda pada bagian yang kamu rasa itu penting. Dengan menggunakan pensil, spidol, memo stick kecil atau buat catatan kecil pada halaman tersebut. Saatnya kamu harus membaca buku itu lagi kamu hanya membaca bagian yang telah kamu beri tanda.

  1. Baca kolom sisi

Biasanya dalam sebuah buku, penulis membuat sebuah daftar atau kolom pada bukunya yang berisi poin utama atau informasi penting. Dan biasanya sangat mudah untuk diingat.

  1. Latihan

Membaca cepat membutuhkan latihan, latihan, dan latihan. Cobalah berlatih misalnya ketika kamu sedang membaca koran atau majalah. (Iyes)

 

Check Also

Guru SMK Produktif Diberangkatkan ke Perancis

Belasan Guru SMK Produktif Diberangkatkan ke Perancis

Edupost.id – Sebanyak 16 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dua widyaiswara Pusat Pengembangan dan …

2 comments

  1. Terimakasih atas informasinya min, sangat membantu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *