Selasa , 27 Juni 2017
Home / Psikologi / Tujuh Cara Menjadi Penulis Profesional
Tujuh-Cara-Menjadi-Penulis-Profesional
Ilustrasi: Menulis Artikel. (Foto: customdissertationwriting)

Tujuh Cara Menjadi Penulis Profesional

Edupost.id – Penulis profesional bekerja dengan membuat konten berbentuk tulisan. Penulis profesional haruslah kompeten dan memiliki keterampilan, dan harus memiliki minat dalam menulis sebagai pekerjaan utamanya. Berikut tujuh cara menjadi penulis profesional.

1. Pahamilah realitas penulisan konten

Seperti dilansir Wikihow, sebelum memilih untuk menulis sebagai karier, sangat penting untuk mengetahui fakta tentang pekerjaan ini. Kebanyakan penulis lulusan universitas yang memiliki gelar atau sertifikat sebagai penulis konten bisa segera mengetahui realitas industri ini.

2. Ikut kelas menulis di internet

Beberapa penulis profesional berpendapat bahwa program akademis mungkin terlalu mendasar atau umum bagi seseorang yang sudah memiliki pengalaman menulis atau memiliki gelar Sastra Inggris. Jika merasa sudah menjadi penulis yang terampil, anda kemungkinan membutuhkan keterampilan menulis teknis yang bisa didapatkan melalui kelas menulis konten di internet.

3. Gunakan gelar yang untuk menulis

Gelar Sarjana Sastra bisa digunakan untuk masuk ke dunia penulisan, terutama jika merasa memiliki keterampilan menulis yang kuat. Pertimbangkan bagaimana kinerja di kelas atau kemampuan dalam menulis esai, laporan buku, dan tugas lainnya.

4. Cari pekerjaan magang

Saat sedang berjuang mendapatkan gelar, mulailah mencari kesempatan magang di penerbit lokal. Beberapa penerbit sering menawarkan posisi magang untuk mendapatkan pengalaman di bidang ini dan mengintip dunia penulis profesional.

5. Bergabung dengan Professional Writers Alliance (Aliansi Penulis Profesional)

PWA adalah organisasi berbasis keanggotaan yang bertindak sebagai “aula pembelajaran virtual” bagi penulis profesional. Organisasi ini menawarkan sumber-sumber, perangkat, tutorial, dan koneksi dalam dunia menulis dan karier kepada penulis profesional lainnya.

6. Cari mentor

Bicaralah kepada beberapa profesor di program studi Anda, editor di penerbit yang sedang menjadi tempat magang, atau seseorang yang memiliki pengalaman dalam industri penulisan konten dan bisa memberi pengetahuan profesional dan nasihat karier yang bernilai.

7. Berlatih menulis artikel

Pelajari cara menulis artikel koran dan artikel Wikihow. Sebagai penulis proesional, anda bisa menemukan sebuah jabatan yang berfokus pada gaya penulisan jurnalistik dalam artikel, atau cara menulis yang lebih mendidik. Pelajarilah bentuk, struktur, bunyi, dan suasana setiap artikel sehingga Anda bisa mengenali kedua jenis tersebut. (Nisa)

 

Check Also

Enam Faktor Penyebab Guru Kurang Kondusif Mengajar

Edupost.id – Peran guru sangatlah besar, apapun yang guru lakukan akan berdampak pada murid. Namun …

One comment

  1. Tips dan pencerahannya sangat bermanfaat. Akan mencoba belajar dan terus berlatih menulis. Terimakasih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *