Kamis , 25 Mei 2017
Home / Psikologi / Tujuh Kepribadian Berdasarkan Jenis Musik

Tujuh Kepribadian Berdasarkan Jenis Musik

Edupost.ID – Musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang. Memiliki kegemaran dengan jenis musik tertentu dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest ada tujuh kepribadian berdasarkan jenis musik.

  1. Heavy Metal

Menurut Adrian North, sarjana psikologi musik, WHO melakukan penelitian selama tiga tahun dengan 36.000 penggemar heavy metal terbukti bahwa mereka memiliki kepribadian yang lembut dan lebih kreatif.

  1. Klasik

Sebuah penelitian dari Northa membuktikan bahwa penggemar musik klasik memiliki kepribadian yang cerdas, introvet dan kreatif. Penelitian dari WHO juga membuktikan hal yang sama yaitu siswa yang menyukai musik Beethoven nilai akademiknya lebih tinggi dari yang siswa yang lain.

  1. Hip Hop

Penggemar jenis musik ini memiliki kepribadian yang energik dan ekstrovet. Mereka cenderung lebih mudah bergaul dalam kehidupan sosialnya. Pikiran mereka terbuka luas untuk hal-hal yang baru.

  1. Pop

Penggemar musik jenis ini memiliki kepribadian yang serius dan memiliki harga diri yang tinggi. Sebuah studi membuktikan bahwa penggemar musik jenis ini kurang kreatif dibandingkan penggemar musik jenis lain. Mereka lebih sering memutar ulang lagu kesukannya untuk mengatur suasana hati.

  1. Rock

Penggemar musik jenis ini memiliki kepribadian yang santai namun egois. Mereka lebih sering menggunakkan musik untuk mengatur suasan hati mereka karena cerita dari lagu kesukaanya sama dengan cerita di dalam kehidupannya. Mereka memiliki harga diri yang rendah dan etos kerja yang tinggi. Sedangkan untuk penggemar jenis musik Rock Punk, mereka lebih energik dan memiliki empati.

  1. Jazz, Blues dan Folk

Penggemar musik jenis ini memiliki kepribadian yang reflektif, terbuka dan sangat kreatif. Mereka lebih sering mendengarkan musik untuk melatih otak. Selain itu mereka yang bermain dalam sebuah klub Jazz juga akan memiliki pengetahuan yang baru dan menjadi lebih kreatif lagi.

  1. Nasional atau Kenegaraan

Penggemar musik jenis ini menunjukkan bahwa dirinya sangat mencintai negaranya. Mereka memiliki kepribadian yang ekstrovet, kritis, memiliki empati dan seorang pekerja yang bahagia. Namun, biasanya mereka akan tertutup dengan jenis musik lain. (Nisa)

 

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *