Minggu , 26 Maret 2017
Home / Psikologi / Tujuh Kiat Hilangkan Pikiran Negatif saat Bekerja
Enam Faktor Pemacu-Diri-Gapai-Impian
Ilustrasi: Menggapai Impian. (Foto: karrierkozpont)

Tujuh Kiat Hilangkan Pikiran Negatif saat Bekerja

Edupost.id- Terkadang pikiran tenggelam dan terjebak dengan situasi negatif atau buruk. Berpikir negatif dapat menjadi sebuah kebiasaan jika sering diterapkan dalam sebuah pekerjaan. Memaksa pikiran negatif keluar, justu cenderung menjadi bumerang.

Melawan pikiran—pikiran negatif sebenarnya justru dapat memperkuat pola berpikir dan hanya semakin buruk. Semakin berpikir tentang sesuatu, semakin benar-benar berpikir hal itu. Agar anda benar-benar terbebas dari pikiran negatif, anda perlu mencoba pendekatan yang berbeda. Berikut ini adalah tujuh cara untuk membersihkan pikiran negatif yang dilansir psychologytoday.

  1. Bicarakan keluar

Kadang-kadang berpikir negatif terjadi karena anda memiliki masalah atau emosi yang perlu anda lampiaskan keluar. Tidak baik menyimpannya untuk diri sendiri. Menempatkan apa yang ada di pikiran dalam bentuk kata-kata dapat membantu anda meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif sehingga anda dapat menemukan akar masalahnya.

  1. Mengubah bahasa tubuh anda

Luangkan waktu sejenak untuk mengamati bahasa tubuh. Apakah membungkuk dengan sikap tertutup atau mengerutkan kening. Jika demikian, akan lebih mudah berpikir negatif.  Bahasa tubuh yang buruk dapat menurunkan citra diri anda dan menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Sehingga dalam keadaan emosional, menjadi sesuatu yang normal untuk mulai memiliki pikiran negatif.

Duduklah tegak dengan penuh percaya diri.

  1. Luangkan waktu menenangkan pikiran

Satu menit ketenangan seringkali itulah yang diperlukan. Seperti meditasi atau mengosongkan pikiran. Anggap saja sebagai reboot. Setelah kosong, sudah bisa mengisi pikiran positif.

  1. Jadilah kreatif

Ketika pikiran negatif muncul, cari penyaluran untuk mengeluarkan hal-hal kreatif di pikiran. Menggambar atau melukis sesuatu atau bahkan jika anda harus menggunakan krayon. Selama anda menggunakan kreativitas anda untuk mengeluarkan pikiran negatif, maka hal tersebut dapat bekerja.

  1. Mengubah  jalur berpikir

Misalnya, dibanding berpikir , “Aku akan melalui waktu sulit dan mengerjakan sesuatu bagaimanapun nanti,” lebih baik berpikir “Aku menghadapi beberapa tantangan, dan mencari tau solusi nantinya bagaimana.” Meski kata dasarnya mirip, namun olah pikir dengan kalimat kedua lebih positif dan mendukung kinerja seseorang.

  1. Berjalan-jalan

Menghindari lingkungan negatif dapat sangat membantu. Ambil waktu untuk berjalan-jalan sendirian menjauhi suasana sehari-hari. Pergi ke suatu tempat yang dapat mengangkat suasana hati seperti taman atau museum. Waktu yang dihabiskan untuk menjauhkan diri dari pengaruh-pengaruh negatif dapat membawa pada ketenangan.

  1. Fokus mensyukuri semua pemberian

Jika mencerminkan, maka akan perlu kembali melatih pikiran untuk fokus pada semua hal baik yang terjadi di sekitar, bukan yang buruk. Dengan mengingat hal dan pemberian oranglain, terkadang dalam hidup seseorang membutuhkan dukungan, dan perasaan bersyukur. (Inan)

Check Also

Enam Faktor Penyebab Guru Kurang Kondusif Mengajar

Edupost.id – Peran guru sangatlah besar, apapun yang guru lakukan akan berdampak pada murid. Namun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *