Kamis , 27 Juli 2017
Home / Psikologi / Tujuh Tips Atasi Kebosanan Saat Liburan Sekolah

Tujuh Tips Atasi Kebosanan Saat Liburan Sekolah

Edupost.ID – Ujian Akhir Semester (UAS) telah usai, kini tinggal menunggu laporan hasil belajar selama satu semester dan tak lama lagi sekolah akan meliburkan siswa-siswinya. Lalu apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan selama liburan? Berikut tujuh tips yang bisa kamu coba untuk atasi kebosanan selama liburan sekolah seperti yang dilansir wikihow.

  1. Beraktivitas diluar rumah

Bila kamu adalah seorang yang aktif di sekolah, mungkin kamu akan merasa jenuh jika seharian harus berada di dalam rumah. Pergilah keluar rumah saat pagi hari dan lakukan aktivitas seperti berlari, berjalan, bermain sepeda atau melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga di luar ruangan sebagai bentuk latihan. Hal ini akan membuat badanmu tetap sehat sepanjang liburan atau kamu dapat berkunjung ke rumah saudara sepupu atau nenekmu untuk bermain.

  1. Melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Jika kamu memiliki suatu keinginan atau rencana tertentu yang ingin kamu lakukan namun tidak pernah sempat untuk melakukannya, maka inilah saatnya. Jangan buang waktu hanya dengan duduk di depan TV. Padahal kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk menambah pengalaman baru dan memperluas pengetahuanmu.

  1. Berpetualang bersama teman

Pergilah bersama teman ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi selama liburan. Tidak perlu pergi ketempat yang membutuhkan biaya yang mahal, misalnya kamu bisa pergi mendaki gunung dan berkemah sambil melihat pemandanga alam yang indah atau pergi ke kota tua. Tapi jangan lupakan keselamatan dan keamanan.

  1. Belajar keterampilan baru.

Liburan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan diri. Seperti menari, bermain piano, berenang, belajar fotografi, belajar bahasa, pemrograman seperti visual basic atau HTML dll . Semakin banyak keterampilan yang kamu miliki, maka akan semakin banyak peluang terbuka untukmu dimasa yang akan datang.

  1. Membaca buku.

Buku dapat membantumu memperluas kosa kata dan meningkatkan kemampuan menulis. Tetapi, kamu harus tetap memilih buku mana yang harus kamu baca secara bijak. Karena tidak semua buku bagus untuk dibaca. Pilihlah buku yang setelah membacanya kamu akan mendapatkan pengetahuan baru didalamnya.

  1. Membuat karya.

Gunakan waktu luangmu untuk mengasah bakat yang kamu miliki. Jika kamu tertarik dengan musik, kemudian cobalah untuk membuat beberapa musik. Jika kamu suka menulis, cobalah membuat sebuah artikel atau ceritamu sendiri atau kamu bisa melakukan hal-hal yang dapat mengekspresikan pikiranmu seperti mendekorasi kamar.

Jika kamu tidak memiliki ide-ide yang menarik untuk dilakukan mungkin itu adalah waktu untukmu beristirahat. (Iyas)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *