Rabu , 24 Mei 2017
Home / Psikologi / Tujuh Trik Ampuh Raih Nilai Tinggi Saat Ujian Semester

Tujuh Trik Ampuh Raih Nilai Tinggi Saat Ujian Semester

Edupost.ID – Situasi di perguruan tinggi tentu sangat berbeda dengan keadaan saat kamu masih SMA  dulu. Kamu perlu lebih kerja keras jika ingin mendapatkan nilai yang tinggi selama kuliah. Berikut ini tujuh trik ampuh untuk meraih nilai tinggi saat ujian semester, seperti dilansir wikihow.

  1. Meninjau bab yang akan kamu pelajari sebelum masuk kelas
    Cobalah untuk membeli buku pelajaran beberapa minggu sebelum semester dimulai. Jika kamu membaca materi sebelum masuk kelas, kamu akan memiliki bagian yang tidak kamu megerti dan akan lebih berkonsentrasi pada penjelasan dosen tersebut. Bila tidak dijelaskan dosen kamu bisa bertanya pada bagian yang tidak kamu mengerti.
  2. Mencatat di kelas
    Mencatat di kelas merupakan bagian yang penting tetapi jangan membuat catatan yang sudah ada di buku, itu akan membuang-buang waktu dan mengalihkan perhatian kamu dari penjelasan dosen. Perhatikan pada bagian yang ditekankan. Dan jika itu diulang lebih dari dua kali, biasanya itu akan berada di tes.
  3. Belajarlah setidaknya satu jam setiap hari sebelum kelas berikutnya
    Hal yang bisa kamu lakukan misalnya membaca buku, membuka catatan, tugas, browsing web untuk informasi tambahan, dan lainnya.
  4. Belajar sebagai prioritas
    Jika kamu harus pergi bersama teman-temanmu, itu sangat bagus untuk kehidupan sosialmu. Tapi jangan sampai waktu yang sudah kamu agendakan untuk belajar, kamu pakai juga untuk bermain. Mulailah untuk memilih mana yang memiliki prioritas penting.
  5. Rencanakan kapan kamu akan beristirahat
    Kamu juga perlu untuk beristirahat. Ada baiknya bila kamu juga merencanakannya baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. Misalnya, Jika kamu harus pergi bersama temanmu pada malam sabtu, kamu bisa menghabiskan waktu soremu di perpustakaan.
  6. Jika kamu adalah orang yang sulit berkonsentrasi, cobalah untuk meringankan beban anda dengan mengambil jam kuliah yang tidak terlalu padat tiap semesternya.
  7. Mengingat kosa kata yang dicetak tebal dalam buku teks
    Mungkin saja ini tidak dibahas oleh dosen saat berada di kelas. Tetapi tidak ada salahnya untuk berhati-hati, bahkan hal-hal tidak dibahas saat kuliah mungkin bisa muncul saat tes. (Iyes)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *