Kamis , 14 Desember 2017
Home / Resep Masakan / Enam Makanan Cepat Saji Terpopuler dari Luar Negeri
sushi-makanan-cepat-saji-terpopuler
Sushi, salah satu makanan cepat saji (foto: sushistation)

Enam Makanan Cepat Saji Terpopuler dari Luar Negeri

Edupost.id – Makanan cepat saji termasuk diminati di Indonesia mulai dari kalangan muda hingga orang dewasa. Berikut ini enam makanan cepat saji terpopuler di Indonesia yang berasal dari luar negeri.

1. Pizza

Awalnya pizza merupakan makanan warga miskin di Italia. Dulu, pizza dijual di jalanan dan belum dianggap sebagai resep dapur terkenal. Sebelum abad ke-17, pizza hanya ditutupi saus putih. Lalu pada tahun 1843, Alexandre Dumas menambahkan minyak, keju, tomat, atau ikan sebagai pelengkap. Pada tahun 1889, sebuah pizza yang diberi nama Pizza Margherita dibuat untuk menghormati hari ulang tahun Ratu Margherita Savoy. Pizza tersebut dipenuhi tomat, keju mozzarella, dan basil untuk menggambarkan bendera Italia. Kini pizza menjadi salah satu makanan kesukaan banyak orang dan dapat dibeli dengan berbagai macam toping kesukaan.

2. Kentang goreng (French fries)

Makanan cepat saji yang lebh dikenal dengan sebutan kentang goreng ini berasal dari Belgia. Potongan-potongan kentang digoreng dalam minyak goreng panas dan diberi sedikit garam. Di restoran-restoran cepat saji, hidangan ini biasa dikategorikan sebagai makanan ringan. Namun, tak jarang juga dibuat sebagai pelengkap bistik, hamburger, fish and chips, serta currywurst. Kini kentang goreng telah menjadi makanan yang mendunia dan dapat ditemukan di manapun.

3. Hamburger

Burger atau hamburger meski terkenal di Amerika Serikat, sebenarnya berasal dari Jerman. Makanan ini berupa roti bundar yang diiris dua. Bagian tengah diisi dengan daging giling yang dibentuk dan dipanggang, kemudian diberi sayur-sayuran berupa selada, tomat, dan bawang bombay. Tak lupa dilengkapi dengan saus seperti mayones, saus tomat, maupun mustard. Burger lebih terkenal sebagai makanan cepat saji Amerika Serikat. Kini burger sudah banyak variannya. Dagingnya terbuat dari ikan, ayam, dan lainnya.

4. Sandwich

Sandwich atau roti lapis adalah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan tergantung pada isi, permukaan roti biasanya dioles sedikit mayones, mentega, margarin atau minyak zaitun yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.

5. Kebab

Kebab adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Kaukasus, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan beberapa negara Afrika. Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang.

6. Sushi

Sushi adalah makanan asal Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Sampai tahun 1970-an sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus, dan terbatas pada sushi pesan-antar. (Wikipedia/ IK-SS)

Check Also

Resep ayam goreng kremes

Resep Ayam Goreng Kremes yang Praktis dan Lezat

Edupost.id – Hidangan ayam goreng masih menjadi menu favorit keluarga, terlebih jika disajikan bersama sambal. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *