Minggu , 26 Maret 2017
Home / Resep Masakan / Lima Olahan Daging Kambing di Berbagai Negara

Lima Olahan Daging Kambing di Berbagai Negara

Edupost.id – Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari besar keagamaan bagi umat Muslim yang ditandai dengan pemotongan hewan kurban berupa sapi, unta, kambing atau domba. Di Indonesia, kambing menjadi salah satu hewan yang lazim dipotong saat Idul Adha. Itulah sebabnya pada Idul Adha akan banyak ditemui orang membuat aneka olahan daging kambing.

Anda yang bosan dengan olahan daging kambing yang hanya berupa sate dan gule, tidak ada salahnya mencoba menu lain. Dilansir dari My HalalKitchen, berikut lima aneka olahan daging kambing di beberapa negara yang dapat Anda coba.

1.Tagines

Menu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat di Afrika Utara. Tagines yakni makanan khas yang terbuat dari bahan dasar daging kambing atau domba. Olaha ini dibuat dengan paduan bahan lokal dan bumbu yang diracik berdasarkan resep warisan turun-temurun. Tagines berisi campuran sayuran yang biasanya dimakan secara terpisah dengan daging domba.

2. Boulfaf

Di Maroko, hidangan tradisional ini selalu tersaji setiap datang Idul Adha atau Idul Fitri. Hidangan ini dibuat dari hati kambing atau domba yang diolah dengan cara dibakar. Boulfaf wajib hadir di meja makan masyarakat Maroko dan makanan ini sudah dihidangkan sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

3. Tbeikhet

Olahan yang satu ini biasa menjadi santapan masyarakat Libya saat Idul Adha. Seporsi tbeikhet berisi campuran daging kambing atau domba, labu dan kacang chickpeas yang ditumis bersama kismis. Biasanya makanan ini dimasak menggunakan daging hasil kurban.

4. Kebab

Makanan yang populer di Timur Tengah, Turki dan Asia Tengah ini sekarang juga cukup populer di Indonesia. Kebab biasa diolah menggunakan daging sapi dan daging domba. Daging ditusukkan menggunakan tusuk sate lalu dipanggang diatas bara dan disajikan dengan potongan roti.

5. Nasi Biryani

Pecinta makanan pedas dan kaya bumbu pasti suka dengan cita rasa makanan India. Salah satu yang sangat populer adalah nasi biryani, yakni makanan yang dimasak menggunakan nasi basmati dan disajikan dengan daging kambing atau daging sapi. Biryani biasa dimakan secara bersama-sama dengan keluarga besar. Daging yang digunakan untuk mengolah nasi ini adalah kambing kurban dan diolah pada hari yang sama. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *