Kamis , 19 Januari 2017
Home / Resep Masakan / Resep Bolu Jahe dengan Jeruk
Resep-Bolu-Jahe-dengan-Jeruk
Resep Bolu Jahe dengan Jeruk. (Foto: nationaltrust)

Resep Bolu Jahe dengan Jeruk

Edupost.id – Bolu jahe  dengan jeruk memiliki rasa yang sedap dan lebih mudah dibuat daripada kue kering. Sepotong bolu segar dapat bertahan selama 5-7 hari. Makanan ini dapat dihidangkan sebagai menu sarapan atau hidangan pencuci mulut yang pedas. Berikut cara membuat bolu jahe dengan jeruk.

Bahan-bahan :

100 g Gula pasir putih

115 g Mentega

240 ml Molase

1 butir Telur

315 g Tepung serbaguna/alternatif

1 1/2 sdt (7 g) Soda kue

1 sdt (2 g) Bubuk jahe

1 sdt (2,5 g) Bubuk kayu manis

1/2 sdt (1 g) Bubuk cengkeh

1/2 sdt (3 g) Garam

240 ml Air panas

1 bh Jeruk lemon, iris tipis.

Cara membuat :

Pertama, Panaskan oven terlebih dahulu ke suhu 177 derajat Celsius. Pencampuran adonan bolu jahe klasik tidak memerlukan waktu lama. Jadi, Anda harus menyiapkan oven terlebih dahulu sebelumnya. Masukkan gula dan mentega lunak ke dalam mikser. Gunakan mikser dengan kecepatan sedang sampai bahan-bahan tercampur rata dengan tekstur seperti krim. Pecahkan telur, dan masukkan ke dalam adonan. Campur dengan mikser sampai rata. Masukkan molase dan aduk rata dengan mikser selama 1-2 menit. Anda dapat menggunakan 240 ml madu dan 4 sdm (50 g) gula cokelat, sebagai pengganti molase dan gula pasir putih, untuk membuat bolu jahe alsatian tradisional. Lelehkan gula sebelum dicampurkan ke adonan.

Kedua, Takar dan campur tepung, garam, soda kue, dan bumbu-bumbu di dalam mangkuk. Ayak bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk terpisah untuk menambahkan udara. Tuang campuran bahan-bahan kering secara perlahan ke dalam adonan basah sambil dicampur dengan mikser. Tuang 240 ml air panas ke dalam adonan bolu jahe. Campur dengan mikser sampai rata

Ketiga, Olesi satu loyang kue bundar atau dua loyang roti tawar dengan mentega, tuang adonan ke dalam loyang.b Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 50 menit sampai 1 jam. Angkat bolu dalam keadaan setengah matang dan letakkan irisan jeruk lemon diatas bolu.  Panggang kembali dan tunggu sampai matang. (Wikihow/Nisa)

 

Check Also

Tahu Gejrot Cirebon Masih Laris di Kalangan Remaja

Resep Tahu Gejrot Yang Lezat Khas Nusantara

Edupost.id- Dari generasi ke generasi, tahu gejrot terus ditemurunkan menjadi kuliner yang layak menjadi kebanggaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *