Selasa , 12 Desember 2017
Home / Resep Masakan / Resep Ketupat dan Lontong Lebaran
Resep-Ketupat-dan-Lontong-Lebaran
Ketupat. (Foto: leeweebrothers)

Resep Ketupat dan Lontong Lebaran

Edupost.id –  Hari Raya Idul Fitri 1437 H segera datang, seluruh masyarakat di Indonesia biasanya menyiapkan ketupat atau lontong untuk menemai opor dan rendang. Seperti dilansir Tipscara, berikut resep dan cara memasak ketupat dan lontong untuk lebaran.

Resep Cara Memasak Ketupat:

1. Siapkan kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar matangnya bersamaan. Cuci bersih kulit ketupat dan tiriskan. Kemudian cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih, tiriskan.

2. Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulitnya terisi beras.

3. Susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar. Tuangi air panas lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya.

4. Angkat ketupat dan tiriskan lalu gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.

Baca Juga : Resep Rawon Daging Khas Surabaya

Resep Cara Memasak Lontong:

1. Untuk membuat lontong pertama siapkan daun pisang batu yang tidak terlalu tua. Lap hingga bersih dan kering. Potong-potong berukuran sekitar 30x20cm. Lalu cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.

2. Siapkan lidi untuk menyemat, bisa dibuat dari lidi daun kelapa. Gulung dua lembar daun pisang dengan bagian hijau menghadap ke dalam sehingga menyerupai silinder. (Ini supaya lontong berwarna hijau). Semat salah satu ujungnya dengan lidi.

3. Isi contong atau gulungan daun pisang dengan beras hingga sekitar setengah tinggi gulungan lalu semat ujung yang satu dengan lidi. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri. Tuangi air hingga lontong terendam, Bisa ditambahkan potongan daun pandan dalam air rebusannya.

4. Masak dengan api sedang selama 2 jam, jika air berkurang tambahkan air panas. Masak terus sampai lontong padat dan kenyal. Angkat lontong, tiriskan dalam posisi berdiri dan angin-anginkan hingga dingin. Selanjutnya masak lontong seperti biasa di dalam panci tinggi hingga matang sekitar satu jam. (Nisa)

Check Also

Resep ayam goreng kremes

Resep Ayam Goreng Kremes yang Praktis dan Lezat

Edupost.id – Hidangan ayam goreng masih menjadi menu favorit keluarga, terlebih jika disajikan bersama sambal. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *