Minggu , 28 Mei 2017
Home / Resep Masakan / Resep Pai Ubi Jalar yang Lezat
Resep-Pai-Ubi-Jalar-yang-Lezat
Pie Ubi Jalar. (Foto: ibudanbalita)

Resep Pai Ubi Jalar yang Lezat

Edupost.id – Ubi Jalar merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dijadikan berbagai resep masakan. Seperti membuat pai dari ubi jalar. Umbi ini juga bermanfaat untuk menggobati berbagai macam penyakit, seperti diabetes, mengurangi tekanan darah, dan kesehatan mata.

Berikut resep pai ubi jalar yang lezat:

Bahan untuk kulit pai:

1 cangkir tepung terigu

Sejumput garam

1/3 cangkir mentega atau mentega putih dingin, potong dadu

3 hingga 4 sdm air dingin

Bahan untuk isi:

1 1/4 cangkir padat gula palem

4 ubi jalar manis sedang, direbus dan ditumbuk dengan dibuang kulitnya

3/4 sdt kayu manis bubuk

1/2 sdt garam

1/2 sdt jahe bubuk

1/4 sdt cengkeh bubuk

1/4 sdt pala bubuk

1 cangkir susu kental manis

3 butir telur ayam

Cara membuat:

Pertama, masukkan terigu, garam, dan mentega putih ke dalam blender. Campur semua bahan hingga tampak seperti remah-remah. Tuangkan kulit pai ini dari blender dan letakkan pada permukaan rata yang telah dialasi plastik atau kertas minyak. Uleni adonan sambil menambahkan air sedikit demi sedikit, 1 sdm setiap kali, hingga adonan membentuk bola.

Kedua, gulung kulit pai menggunakan rolling pin atau bagian halus bekas botol sirup menjadi lingkaran berdiameter 30 cm. Atur dan ratakan kulit pai ini di atas loyang pai berukuran 23 cm. Rapikan pinggiran kulit pai dengan pisau hingga melebihi tepi loyang sekitar 1,25 cm. Lipat pinggirannya, buat lubang-lubang kecil pada kulit pai menggunakan garpu agar uap panas dapat keluar, dan sisihkan loyang hingga.

Ketiga, Panaskan oven hingga 180 ºC dan letakkan rak oven di bagian tengah. Campurkan gula palem, ubi jalar, dan rempah-rempah ke dalam mangkuk adonan. Aduk-aduk selama dua menit menggunakan hand mixer atau stand mixer. Campurkan susu kental manis dan telur dalam mangkuk terpisah.

Keempat, gunakan garpu untuk mencampurkannya, aduk-aduk telur dengan lembut. Tambahkan campuran telur dan susu ke dalam adonan ubi jalar. Kocok dengan kecepatan sedang hingga semua bahan tercampur.

Kelima, tuangkan isi ke dalam loyang berisi kulit pai. Ketukkan loyang pai ke atas meja dapur agar isinya menjadi padat dan rata. Panggang pai selama 50 hingga 60 menit. Pai ubi jalar umumnya tidak berwarna cokelat seperti pai labu, jadi jangan terlalu pedulikan penampilan isinya.

Keenam, uji kematangan dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah adonan. Jika tidak ada adonan yang menempel saat tusuk gigi dilepas, bagian isinya sudah matang. Cek pai setelah 30 menit. Jika tepiannya berubah cokelat, tutupi dengan aluminum foil hingga sisa pai matang. (Wikihow/Nisa)

Check Also

Resep Botok Ayam yang Beraroma Khas

Resep Botok Ayam yang Beraroma Khas

Edupost.id – Botok merupakan masakan tradisional yang dibuat dengan cara dikukus dengan berbentuk buntelan-buntelan (tum) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *