Rabu , 26 Juli 2017
Home / Resep Masakan / Resep Salad Strawberry yang Segar dan Praktis
Resep-Salad-Strawberry-yang-Segar-dan-Praktis
Salad Strawberry. (Foto: driscolls)

Resep Salad Strawberry yang Segar dan Praktis

Edupost.id – Salad bisa menjadi salah satu menu pilihan yang bergizi dan mudah membuatnya. Berikut ini resep Salad Strawberry yang segar dan praktis, disarikan dari buku “Menu, Ragam Salad Segar”.

Bahan:

3 buah pear hijau
100 gr jeruk lokam kecil tanpa biji
100 gr lengkeng kalenga, tiriskan
200 ml selai strawberry
3 sdr air jeruk lemon
75 ml air
25 gr gula pasir
100 gr strawberry segar
2 sdt daun mint

Cara membuat:

1. Kupas pear dan potong dadu 1 cm. Kupas jeruk dan buang juringnya. Daun mint dicincang halus untuk taburan. Strawberry dibelah dua vertikal.

2. Tuang selai ke dalam panci saus. Tambahkan air jeruk, air dan gula. Aduk-aduk lalu panaskan dengan api kecil sambil diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat dan biarkan dingin.

3. Ke dalam wadah besar masukkan potongan strawberry, pear, lengkeng, dan jeruk. Aduk-aduk dengan sendok kayu pelan-pelan agar buah tidak rusak atau hancur.

4. Bagi salad buah dalam beberapa mangkuk saji. Lalu siram dengan saus strawberry dan taburi dengan daun mint cincang. Sajikan segera.

Tips:
1. Pilih gula pasir berbutir halus atau gula kaster. Selain mudah hancur atau larut, rasanya tidak terlalu manis. Sehingga rasa asli buah tetap terjaga.

2. Jika kebetulan sedang musimnya, pilih buah lengkeng segar. Lengkeng kalengan biasanya rasanya lebih manis karena diawetkan dengan air gula. Jika tidak ada, leci atau rambutan pun bisa.

3. Pemakaian selai strawberry hanya untuk menajamkan rasa buah aslinya. Anda bisa menggantinya dengan madu bening kental.

4. Beri es krim vanila jika suka.

Check Also

Resep Botok Ayam yang Beraroma Khas

Resep Botok Ayam yang Beraroma Khas

Edupost.id – Botok merupakan masakan tradisional yang dibuat dengan cara dikukus dengan berbentuk buntelan-buntelan (tum) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *